Contoh Diagram Batang

CONTOH DIAGRAM BATANG – Ketika sekolah terdapat 5 kelas untuk kelas IX, yaitu kelas IX A sampai IX E. Dalam tes matematika, masing-masing kelas IX memiliki nilai rata-rata sebagai berikut: Kelas IX A rata-rata 77,5, kelas rata-rata IX B 79,2, kelas rata-rata IX C 85,8, kelas rata-rata IX D 76,7, dan kelas rata-rata IX E 84.3.

Nilai rata-rata akan sedikit sulit untuk dibandingkan bila disajikan dalam bentuk kalimat seperti sebelumnya. Ada cara penyajian data yang bisa memudahkan kita untuk memudahkan dalam membandingkan setiap kategori, yaitu dengan grafik batang.

Langkah pertama dalam membuat bagan batang adalah membuat dua sumbu horisontal dan vertikal. Sumbu horisontal menunjukkan kategori, sedangkan sumbu vertikal mewakili nilai atau frekuensi masing-masing kategori.

Berikut adalah contoh diagram batang yang menyajikan nilai rata-rata nilai matematika kelas IX A-IX E dalam kasus sebelumnya.

Contoh Diagram Batang Suhu

Contoh Diagram Batang
yos3prens.com

Dari tabel tersebut kita bisa menggambar grafik batang yang menyajikan suhu terendah dan tertinggi masing-masing kota sekaligus. Pertimbangkan diagram batang berikut.

Selanjutnya perhatikan tabel nilai yang menyajikan data nilai terendah dan tertinggi, berikut dibawah ini contoh diagram batang nilai.

Contoh Diagram Batang Nilai

contoh diagram batang
yos3prens.com

Contoh diagram batang nilai dari tabel di atas dapat kita amati bahwa kelas IX A, IX B, dan IX D adalah kelas yang memiliki rata-rata serupa dan berada di bawah dua kelas lainnya, yaitu kelas IX C dan IX E.

Dari dua grafik batang pada contoh sebelumnya, kita bisa membandingkan nilai masing-masing kategori. Pada diagram pertama, kita bisa membandingkan nilai mean masing-masing kelas IX.

Sedangkan pada diagram kedua, kita bisa membandingkan suhu terendah dan suhu tertinggi sekaligus dari masing-masing kota.

Dari dua contoh ini dapat disimpulkan bahwa diagram batang yang sangat tepat digunakan untuk membandingkan nilai atau frekuensi masing-masing kategori.

Semoga info mengenai contoh diagram batang nilai, dan suhu ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, agar bisa lebih mengerti dan tahu akan diagram batang dan penggunaannya, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.co lainnya

Tinggalkan komentar