in

Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Ciri-cirinya

Contoh pasar persaingan sempurna
Sumber: 2.bp.blogspot.com

CONTOH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA – Di dalam dunia ekonomi terdapat beberapa bentuk pasar, salah satunya yaitu pasar persaingan sempurna. Pengertian dari pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan jumlah antara penjual dan pembeli sangat banyak sehingga penjual dan pembeli tidak berpengaruh terhadap harga.

Pada bentuk pasar ini harga yang ada memang benar-benar sesuai dengan keinginan penjual dan pembeli. Penjual menawarkan produk atau barangnya dengan harga yang diinginkan, dan pembeli meminta atau menawar dengan harga yang pembeli inginkan. Itu semua sudah menjadi cerminan semua penjual dan pembeli pada pasar persaingan sempurna.

Pada artikel ini, kita akan memberikan atau membahas tentang contoh pasar persaingan sempurna. Contoh pasar persaingan sempurna bisa dilihat dari ciri-ciri pasar persaingan sempurna, seperti terdapat banyaknya penjual dan pembeli, barang yang homogen atau serupa, antara penjual dan pembeli sama-sama mempunyai pengetahuan tentang pasar, dan adanya kebebasan keluar masuk pasar.

Jadi, sebuah contoh pasar persaingan sempurna bisa dilihat dari ciri-ciri yang baru kita sebutkan di atas. Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat contoh pasar persaingan pasar sempurna di bawah ini.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Pasar yang sangat mendekati ciri-ciri persaingan pasar sempurna yaitu pasar barang-barang seperti pasar barang komoditi makanan pokok. Salah satunya adalah pasar beras, di dalam pasar beras jelas terlihat hubungan antara produsen/penjual dan konsumen/pembeli bisa dikatakan sudah mendekati ciri-ciri contoh persaingan pasar sempurna. Ciri-cirinya seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu:

  • Di dalam pasar beras jumlah antara produsen/penjual dengan konsumen/pembeli sama-sama banyak.
  • Seorang produsen/penjual dan seorang konsumen/pembeli tidak bisa mempengaruhi harga.
  • Pasar komoditi beras bisa dkatakan relatif homogen, meskipun ada perbedaan rasa dan mutu tentu akan ada perbedaan harga.
  • Terbentuknya harga yang terjadi pada pasar beras merupakan hasil dari kekuatan tarik-menarik atau tawar-menawar permintaan beras.

Demikian contoh pasar persaingan sempurna yang kita bahas, yaitu pada pasar beras. Meskipun pada kenyataannya pasar beras di Indonesia masih ada campur tangan dari pemerintah yaitu peran dari Badan Urusan Logistik atau bulog, tetapi peran bulog terhadap pasar beras masih kecil dan semakin mengecil. Dengan adanya peran bulog dalam pasar beras, membuat pasar beras kurang pas disebut sebagai persaingan sempurna, namun mendekati pasar persaingan sempurna.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bagian telinga dan fungsinya

Bagian Telinga dan Fungsinya disertai Gambar (Lengkap)

contoh simbiosis mutualisme

Contoh Simbiosis Mutualisme