Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia Berdasarkan Bentuk Sifatnya

CONTOH PELANGGARAN HAM DI INDONESIA – Pelanggaran HAM atau hak asasi manusia merupakan suatu pelanggaran yang terjadi terhadap hak-hak asasi manusia korban oleh pelaku. Namun perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua pelanggaran yang menyangkut hak merupakan pelanggaran HAM.

Artinya ada pelanggaran-pelanggaran tertentu yang sudah disepakati bahwa pelanggaran tersebut merupakan pelanggaran HAM. Contohnya seperti kategori pembunuhan dan pelecehan. Kasus Pelanggaran HAM yang ada di Indonesia sudah diatur dan ditetapkan dalam UU No. 39 Tahun 1999.

Contoh pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia banyak terjadi ketika masa pemerintahan Presiden Soeharto, waktu itu ABRI atau yang sekarang sudah menjadi TNI dan Polri merupakan alat untuk mengatur kekuasaan. Pelanggaran yang dilakukan mencapai masa puncaknya yaitu pada masa sistem pemerintahan Orde Baru, yang berujung perlawanan dari rakyat yang semakin keras.

Setelah masa itu kini pelanggaran HAM sudah berkurang dan dirubahnya sistem pemerintahan yaitu menjadi pemerintahan demokrasi. Akan tetapi masa sekarang tetap membutuhkan peran dari masayarakat untuk mencegah pelanggaran HAM.

Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia

contoh pelanggaran HAM di Indonesia
Sumber: siswamaster.com

Contoh pelanggaran HAM di Indonesia boleh dikatakan sudah sangat banyak sekali, jika dihitung sejak pemerintahan dahulu. Apalagi ketika Indonesia mengalami masa penjajahan dari bangsa asing atau bangsa luar. Mungkin bisa dikatakan masa pelanggaran HAM paling berat yaitu ketika masa penjajahan dari bangsa asing.

Namun, pada waktu itu,Indonesia belum merdeka dan belum memiliki undang-undang dasar maupun undang-undang yang mengatur tentang pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM menurut sifatnya dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:

  • Pelanggaran HAM ringan (Pelanggaran yang tidak mengancam jiwa manusia).
  • Pelanggaran HAM berat (Pelanggaran yang mengncam jiwa manusia).

Jadi, dengan dikategorikannya 2 bentuk pelanggaran HAM tersebut, penegak hukum jadi lebih mudah dalam memutuskan hukuman yang akan diberikan kepada pelaku pelanggaran HAM. Untuk memperjelas, bisa baca contoh pelanggaran HAM di Indonesia berikut ini.

  • Pemabantaiaan Rawagede

Kasus pembantaiaan Rawagede adalah contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang termasuk ke dalam bentuk kategori pelanggaran HAM berat. Karena pada kasus tersebut telah terjadi pembunuhan dengan cara penembakan penduduk di kampung Rawagede. Kampung tersebut sudah menjadi Desa yang bernama Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat.

Kasus tersebut terjadi pada tanggal 9 Desember 1945 bersamaan dengan terjadinya Agresi Militer Belanda 1, yang mengakibatkan banyaknya korban dari masyarakat sipil yang meninggal dunia dengan cara ditembak tanpa alasan yang jelas. Akhirnya pada tanggal 14 September 2011 Pengadilan Den Haaq memberikan pernyataan bahwa Pemerintahan Belanda sudah bersalah dan harus dimintai pertanggung jawaban.

  • Kasus Pembunuhan Munir

Contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang kedua adalah kasus pembunuhan munir. Kasus tersebut sebenarnya sampai saat sekarang belum menemui titik jelas penyebab meninggalnya aktifis HAM yang bernama Munir Said Thalib ini. Munir meninggal pada tanggal 7 September 2004 di dalam pesawat Garuda Indonesia.

Pada waktu itu Munir akan melakukan perjalanan ke Amsterdam, Belanda. Meskipun belum jelas penyebabnya, namun banyak pihak yang berpendapat bahwa meninggalnya aktifis HAM tersebut karena diracun.

Demikian dua contoh pelanggaran HAM di Indonesia yang bisa diambil buat pelajaran kita semua. Pada intinya, pelanggaran HAM bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu pelanggaran HAM ringan dan berat. Itu saja informasi tentang contoh pelanggaran HAM di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar