Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Salah satu kemampuan yang diimpikan oleh banyak orang adalah kemampuan public speaking. Memang, banyak orang yang berkeinginan untuk bisa mahir dalam kemampuan ini karena dengan menguasai public speaking kita bisa mempengaruhi orang-orang ataupun menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan.

Salah satu bentuk public speaking adalah pidato. Pidato sendiri adalah kegiatan berbicara di depan umum, dengan penonton atau audiens yang banyak (lebih dari 2 orang). Biasanya pidato disebut juga dengan istilah orasi. Orang-orang yang melakukan pidato biasanya ingin mengemukakan suatu pendapat atau informasi kepada khalayak ramai. Informasi atau isu yang dibawakan ketika pidato kebanyakan merupakan hal yang penting.

miung.com
miung.com

Selain itu, pidato juga sering dijadikan bahan pembelajaran di jenjang tiap pendidikan. Biasanya ketika kita berada di jenjang SMP dan SMA. Dalam pelajaran pidato selain kita belajar akan teori membuat pidato kita juga diajarkan untuk mempraktikkan membacakan pidato yang telah kita buat tersebut.

Banyak tema dan isu yang bisa kita ambil ketika sedang membuat pidato. Mulai dari isu politik, budaya, hingga pendidikan. Berikut ini salah satu contoh isi pidato yang bertemakan pendidikan dalam Hari Pendidikan Nasional yang diambil dari satubahasa.com

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Hadirin yang saya hormati.

 

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016.

 

Hadirin yang berbahagia.

 

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

kebudayaan.kemdikbud.go.id
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Hadirin yang saya hormati.

 

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba dan mencari ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

 

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta kita senantiasa diberikan ilmu yang bermanfaat. Amiin

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar