Contoh Seni Kriya Dua Dimensi dan Tiga Dimensi

CONTOH SENI KRIYA – Sangat banyak macam atau jenis seni kriya dan juga kita mudah untuk menemukanna di berbagai daerah nusantara. Berikut ini merupakan jenis dan contoh seni kria yang terdapat di Nusantara.

Seni Kriya Dua Dimensi

Contoh Seni Kriya
duniaq.com

Contoh seni kriya yang pertama ini merupakan seni kriya yang dibuat dimedia yang memiliki panjang dan lebar saja. Pada seni ini umumnya perupa mozaik, sulaman, bordir, rilief, batik, tenun dan juga hiasan dinding.

Ada banyak bahan yang bisa kita gunakan sebagai media untuk membuat seni kriya dua dimenis ini contohnya kertas, kayu, kulit dan yang lainnya. Untuk saat ini perkembangan dari seni kriya dua dimensi sangat pesat. Ada yang menggunakan teknik yang sederhana dan juga menggunakan teknik modern.

Media yang dipakai juga tidak terbatas terhadap media umum saja, melainkan juga media-media lain yang jarang dipungsikan untuk seni seperti tubuh manusia daan lain sebagainya.

Seni Kriya Tiga Dimensi

Contoh Seni Kriya
antoksoesanto.blogspot.co.id

Contoh seni kriya yang kedua ini adalah seni kriya untuk membuat sebuah kerajinan tangan dengan hasil memiliki panjang, lebar, dan tinggi atau suatu seni yang memiliki volume juga menempati ruangan. Berikut ini ulasan dari beberapa contoh seni kriya tiga dimensi.

1. Seni Kriya dari Bahan Keramik

Contoh seni kriya tiga dimensi yang pertama ini biasanya dibuat dari tanah liat sebagai bahan dasarnya. Di Indonesia sendiri kerajinan ini sudah ada semenjak zaman dahulu dan sampai sekarang karya seni ini masih tetap bertahan. Contoh dari kerajinan berbahan keramik adalah gucci, vas bunga, kendi, teko, peralatan rumah tangga dan lain-lain.

2. Seni Kriya dari Bahan Logam

Contoh seni kriya tiga dimensi yang kedua ini adalah kerajinan yang berbahan dasar dari logam, seperti perak, perunggu, emas, besi, alumunium dan kuningan.

3. Seni Kriya dari Bahan Kulit

Contoh seni kriya tiga dimensi yang ketiga ini sangat beragam bentuk dan juga jenisnya. Umumnya bahan kulit digunakan untuk oembuatan kerajinan seperti tas, jaket, wayang kulit, sepatu dan alat musik rebana.

4. Seni Kriya dari Bahan Kayu

Contoh seni kriya tiga dimensi yang keempat ini tercipta berbagai jenis kerajinan semisal topeng, patung, wayang golek, dan hiasan ukir-ukiran.

5. Seni Kriya Anyaman

Contoh seni kriya tiga dimensi yang terakhir ini biasanya memakai bahan dasar berupa tali, bambu, plastik, dan daun. Bahan-bahan itu dibuat untuk berbagai kerajinan tangan yang mempunyai keelokan serta seni yang tinggi dan juga nilai jual.

Untuk saat ini sudah mulai sulit untuk menemukan seni kriya anyaman. Penyebabnya adalah banyak yang sudah tergantikan dengan barang yang lebih modern. Contoh kerajinan anyaman ialah topi, tudung nasi, tikar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan komentar