Contoh Seni Rupa 3 Dimensi | Contoh dan Pengertian Lengkap

CONTOH SENI RUPA 3 DIMENSIĀ – Disekitar kita, di sekitar ruang lingkup kita terdapat banyak sekali karya-karya seni rupa yang bisa kita nikmati. Setiap benda-benda yang di pamerkan atau di pajang di ruangan yang tertutup atau pun pada ruangan yang terbuka itu maka benda-benda pajangan itulah yang dinamakan dengan karya seni rupa.

Nah, sebelum memasuki inti dari pembahasan saya mau tanya dulu kepada teman-teman semua, apakah diantara teman-teman semua sudah ada yang mengetahui dan mengerti tentang Contoh Seni Rupa 3 Dimensi? Jikalau diantara teman-teman semua terdapat sebagian orang yang belum paham dan mengerti, maka dibawah ini kita akan sedikit menjelaskan tentang pengertian seni rupa terlebih dahulu dan dilengkapi dengan contoh seni rupa 3 dimensi.

Yuk, langsung saja kita simak penjelasan-penjelasan yang telah tertulis dibawah ini.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
viralcosm.com

Seni rupa 3 dimensi adalah merupakan sebuah karya seni yang di dindingi sisi lebar dan panjang, namun di dindingi atau dibatasi juga dengan kedalaman. Atau disebutkan didalam bahasa sederhananya yakni karya seni yang mempunyai bagian atau ruang

Unsur-unsur ruang seperti inilah yang menimbulkan terjadinya pembeda antara karya seni rupa 3 dimensi dengan karya seni rupa 2 dimensi

Unsur Karya Seni Rupa 3 Dimensi

contoh seni rupa 3 dimensi
world.kapook.com

Karya seni rupa 3 dimensi ini memiliki unsur-unsur yang berkreasi sehingga bisa membuat indah atau bisa juga membuat terlihat nampak cantik pada karya seni rupa 3 dimensi tersebut. Berikut dibawah ini adalah unsur-unsur karya seni.

TITIK

Titik ialah merupakan salah satu unsur karya seni rupa yang sangat dasar dan amat kecil. TItik ini bagaikan sebuah bintik yang barada didalam seni rupa. Dengan adanya titik didalam seni, seseorang dapat memenangkan ide-ide baru untuk berkarya misalkan seperti membentuk ruang dan garis.

Selain dari itu, titik juga menjadi salah satu pusat perhatian tersendiri dan juga titik ini memiliki warna-warna yang berbeda sendiri dibandingkan dengan yang lainnya.

GARIS

Garis adalah goresan-goresan atau pembatas suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan benda-benda lain sebagainya. Garis disini memiliki dimensi yang condong memanjang dan memiliki arah-arah tertentu. Selain itu, garis juga mempunyai berbagai macam sifat misalkan seperti pendek, panjang, horizontal, vertikal, lurus, bergelombang, dan masih banyak sifat-sifat lainnya.

Penggunaan garis didalam sebuah gambar jua mempunyai kesan-kesan tertentu, seperti halnya pada garis lurus yang memiliki kesan keras, dan garis-garis yang patah mempunyai kesan-kesan kaku.

BIDANG

Karya seni rupa yang terbentuk dari beberapa hubungan garis yaitu salah satunya bisa disebut dengan bidang. Bidang mempunyai dimensi yang sangat panjang, lebar atau juga dapat disebut dengan sebutan pipih. Sebaliknya bentuk yang mempunyai dimensi lebar, panjang dan tinggi, maka dari itu bentuk memiliki volume atau isi.

Berdasarkan dengan bentuknya, bentuk dan bidan mempunyai berbagai macam bidang misalkan seperti bidang simetris, bidang geometris, bidang organis, dan juga bidang-bidang lain sebagainya.

___________________________

Nah, demikianlah artikel yang membahas tentang cotoh seni rupa 3 dimensi yang dilengkapi dengan penjelasan unsur-unsur seni rupa dan lain sebagainya. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar