Contoh Simbiosis Mutualisme

CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME Рsetiap makhluk hidup yang berada di muka bumi saling mempengaruhi satu sama yang lainnya. Sehingga pastinya tidak ada satupun makhluk hidup yang mampu bertahan hidup selain bergantuk kepada makhluk yang lainnya.

Interaksi atau pola hubungan makhluk hidup itulah yang kemudian disebut simbiosis. Di dunia ini ada 3 macam penggolongan simbiosis yang pada umumnya kita ketahui, yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

Pada kesempatan kali ini satu jam akan mengulas tentang simbiosis mutualisme. Disamping menguraikan pengertian maupun artinya, sekaligus kami akan menyampaikan berbagai contoh simbiosis mutualisme. Dengan begitu tiap pembaca dapat menjadi semakin paham tentang contoh simbiosis mutualismepara pembaca bisa lebih mengerti dan memahaminya dengan jelas.

 

Contoh Simbiosis Mutualisme

contoh simbiosis mutualisme
informazone.com

Ada banyak sekali contoh simbiosis mutualisme yang terdapat di lingkungan sekeliling kita. Mungkin sebab kita kurang tahu sehingga kita kurang mampu mengetahui interaksi antara makhluk hidup tersebut. Dibawah ini adalah berbagai contoh-contoh simbiosis mutualisme yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Hubungan Antara Kupu-kupu dengan Bunga

contoh simbiosis mutualisme
informazone.com

Contoh pertama dari Contoh simbiosis mutualisme yaitu interaksi antara kupu-kupu dengan bunga. Pada umumnya Kupu-kupu tertarik pada makanan sari manis atau nektar yang terdapat di bunga.

Sedangkan bunga yang merupakan organ reproduksi milik tumbuhan merasa dimudahkan sebab serangga cantik ini menopang penyebaran serbuk sari.

Saat kupu-kupu berada pada bunga, Bagian bunga yaitu benang sari dan putih akan disentuh oleh kakinya di kupu-kupu tersebut. Akhirnya menyebabkan serbuk sari menempel ke putik dan proses penyerbukan pada bunga mulai terjadi.

2. Hubungan Antara Lebah dengan Bunga

contoh simbiosis mutualisme
informazone.com

Tidak hanya kupu-kupu,  ada jenis serangga yang lain kayak lebah yang dapat membantu proses penyerbukan bunga supaya lebih cepat. Pada umumnya, lebah biasanya menempel pada bunga supaya mendapatkan madu atau nektar untuk dijadiikan makanannya.

Keberadaan lebah ini benar benar menguntungkan bunga karena proses penyerbukan bisa terjadi dengan mudah. Dengan begitu, bunga dan lebah sama sama untung dalam contoh simbiosis mutualisme.

 

Tinggalkan komentar