5 Contoh Tumbuhan Monokotil yang Perlu Kamu Ketahui

CONTOH TUMBUHAN MONOKOTIL РTumbuhan terbagi menjadi 2 berdasarkan jumlah keping bijinya yaitu tumbuhan monokotil serta dikotil. Tumbuhan monokotil mempunyai satu keping biji yang tak akan membelah pada saat ia berkecambah. Di samping itu, tumbuhan monokotil pun memiliki karakteristik lain yang hampir serupa mulai dari bunga, buah, daun, batang, hingga daunnya.

Berikut ini pembahasan mengenai beberapa contoh tumbuhan monokotil sebagai ilmu dasar yang perlu Anda kuasai dalam mengidentifikasi serta mengenali tanaman.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Contoh Tumbuhan Monokotil
pixabay.com

Terdapat 5 suku tumbuhan yang termasuk dalam golongan jenis tumbuhan monokotil. Kelima suku tersebut yaitu jahe-jahen (Zingiberaceae), pisang-pisangan (Musaceae), pinang-pinangan (Palmae), anggrek-anggrekan (Orcgidaceae) dan rumput-rumputan (Graminae).

1. Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit (Curcuma domestica)
hellosehat.com

Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga ordo Zingiberaceae. Tumbuhan kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional, bumbu masakan, dan rempah. Tanaman yang menurut perkiraan berasal dari Asia Tenggara ini pun adalah salah satu cotoh tumbuhan monokotil karena hanya mempunyai satu keping biji saja.

2. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe (Zingiber officinale)
tergemes.com

Contoh tumbuhan monokotil berikutnya yaitu jahe. Tanaman ini bernama latin Zingiber officinale merupakan salah satu tanaman penghasil rimpang yang banyak mengandung minyak atsiri. Rimpang jahe sangat banyak dipakai sebagai obat tradisional dan juga biasanya dipakai sebagai bumbu masakan di wilayah tropis.

3. Vanili (Vanilla planifolia)

Vanili (Vanilla planifolia)
ruangpertanian.blogspot.com

Vanili merupakah salah satu contoh tumbuhan monokotil yang bernama latin Vanilla planifolia. Tanaman ini adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasanya dipakai sebagai pengharum masakan. Bubuk vanili dihasilkan dari buah vanili yang bentuknya serupa polong. Vanili diperkirakan berasal dari Negara Meksiko.

4. Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek (Orchidaceae)
tanamanhiasan.com

Anggrek merupakan contoh tumbuhan monokotil yang hidupnya kerap kali memiliki sifat epifit. Tumbuhan bernama latin Orchidaceae ini seringkali dipakai sebagai tanaman hias. Tanaman ini pada umumnya dibudidayakan memakai teknik kultur jaringan dikarenakan sulitnya perkembangbiakan Anggrek sehingga digunakan teknik tersebut.

5. Pisang (Musa sp)

Pisang (Musa sp)
idntimes.com

Pisang adalah contoh tumbuhan monoktil yang mempunyai nama latin Musa sp. Tumbuhan ini menghasilkan buah yang memiliki banyak manfaat. Kandungan karbohidrat serta kaliumnya yang tinggi membuat pisang sering dipakai sebagai buah meja. Terdapat banyak jenis pisang yang dapat kita jumpai di dunia, contohnya pisang kepok, pisang raja, pisang lilin dan lain-lainnya.

Sekian pembahasan mengenai contoh tumbuhan monokotil. Sebenarnya banyak sekali tumbuhan yang termasuk dalam tumbuhan monokotil. Semoga 5 contoh tumbuhan monokotil yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat.