6 Panduan Wisata Sebelum Berkunjung ke Curug Bidadari

Curug merupakan nama lain dari air terjun, yang berasal dari bahasa sunda. Sehingga jika ada tempat wisata yang bernama curug pastilah tempat wisata air terjun itu ada di sekitar tanah pasundan. Salah satu diantaranya adalah Curug Bidadari yang sudah terkenal berkat pesona indahnya.

Bagi kamu yang masih belum begitu akrab atau bahkan belum pernah ke sana, maka sebaiknya kamu mencari tahu lebih jauh tentang Curug Bidadari ini. Supaya nantinya kamu punya rencana tersusun dan budget yang terukur sebelum ke sana. Beberapa panduan wisata di bawah ini akan membantumu.

Sekilas Tentang Curug Bidadari

c0947-curugbidadarisentulparadisepark_curugbojongkoneng-011-1160x774 (hellobogor.com)
Curug Bidadari merupakan salah satu dari tempat wisata di Bogor yang cukup terkenal. Air terjun yang tepat berada di desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Curug Bidadari juga sering disebut dengan nama Sentul Paradise Park, Curug Bidadari Taman Nirwana Sentul atau juga Angel Falls Sentul Paradise Park.

Semua penamaan itu bisa disebutkan sesuai keinginan. Namun yang biasanya orang tahu adalah Curug Bidadari. Penamaan tersebut diambil dari legenda setempat yang konon kabarnya, dulu curug bidadari adalah tempat mandi para bidadari dari kahyangan.

Akses Menuju Curug Bidadari

maxresdefault (www.youtube.com)
www.youtube.com

Curug Bidadari berada di desa Bojongkoneng, Sentul, Bogor. Jadi jika kamu dari arah pintu tol Sentul City, langsung saja belok kiri di pertigaan dan jalan terus sejauh 2,3 km jalan menurun.

Kemudian masuk ke terowongan pendek sampai mentok di pertigaan, lalu belok kiri kemudian ikuti arah ke Telaga Cikeas lalu ke kanan. Sekitar 7,5 km dari pertigaan terakhir, kamu bisa pilih jalur belok ke kanan atau ke kiri.

Jika ke kiri langsung tembus ke Sentul City, tapi jalanan sempit dan curam. Kalau ke kanan, jalanan lebar dan landai, tetapi harus memutar sedikit jauh.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

dsc_08181 (apriliaisme.wordpress.com)
apriliaisme.wordpress.com

Bagi kamu yang ingin berlibur di Curug Bidadari ini sebaiknya menyiapkan kocek yang cukup. Sebab disini, selain harus membayar tiket masuk, bila ingin menggunakan beberapa fasilitas juga akan dikenakan biaya tersendiri. Namun jika hanya ingin masuk dan bermain air saja maka kamu hanya akan dikenai tiket masuk yang murah.

Tiket masuknya berkisar antara Rp20.000 di hari Senin – Jumat. Khusus pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur dipatok dengan harga Rp25.000. Sedangkan pada hari-hari khusus Rp30.000. Info perubahan tiket bisa menghubungi (021) 87960742. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 07.30 – 17.00 WIB.

Fasilitas di Curug Bidadari

20140805_135021 (tradisetiawan.com)
tradisetiawan.com

Fasilitas yang disediakan di Curug Bidadari ini sangat beragam, ada yang gratis dan ada juga yang harus dengan membayar. Misalkan untuk papan seluncuran tidak dikenakan biaya apapun, sebab masuk dalam fasilitas tiket.

Sedangkan untuk sewa saung dikenakan biaya Rp50.000 per 2 jam. Penyewaan peneduh payung dikenakan biaya Rp20.000 per 30 menit. Selain itu ada juga sepeda air, namun fasilitas yang satu ini sering naik harganya, jadi lebih baik kamu bertanya sebelum memakainya.

Kuliner di Curug Bidadari

Asinan Jagung Bakar
pegi-pegi.com

Kuliner yang ada di Curug Bidadari ini sangat beragam, mulai dari makanan ringan sampai berat. Makanan ringan yang paling favorit adalah tahu sumedang. Sedangkan yang berat biasanya seperti asinan Bogor atau toge goreng yang merupakan makanan khas Indonesia yang mendunia.

Namun bagi yang biasanya sering makan nasi, disana juga tersedia aneka nasi. Bahkan mie ayam, sate atau bakso juga umum di sana. Jadi jangan khawatir soal perut jika sedang ada di sana.

Saran dan Tips Wisata di Curug Bidadari

fotor_138347888055537 (wisnuwidiarta.wordpress.com)
wisnuwidiarta.wordpress.com

Jika berwisata di sini sebaiknya jaga kebersihan dan juga jauhi tindakan yang sifatnya merusak. Selain agar wisata alam ini tetap terawat, juga agar selalu terjaga kebersihannya.

Kemudian jika sedang mengajak anak kecil dan lanjut usia sebaiknya diawasi oleh anggota keluarga yang lain supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu perlu diingat, biaya tiket tidak termasuk biaya parkir, sehingga dikenakan biaya untuk parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000.

Tinggalkan komentar