Dampak Merokok bagi Kesehatan dan Lingkungan

Dampak Merokok – Sebelum masuk lebih dalam lagi kepada pembahasan tentang dampak merokok bagi kesehatan tubuh, saya ingin bertanya kepada Kamu semua tentang sebuah pertanyaan apa itu rokok? Ada yang tahu? Rokok adalah hmmmmmmm, pasti tidak akan kamu ketahui apa itu pengertian dari rokok.

Lalu saya Ingin bertanya lagi kepada Kamu apa manfaat dari merokok? Hayo, apa manfaatnya. Buat Kamu yang memang perokok pasti tau dong dibalik alasan Kamu terbiasa menghisap batang demi batang rokok? Apa coba….

Menurut keterangan yang telah saya dapatkan dari id.wikipedia tentang apa itu rokok disana dijelaskan bahwasanya rokok adalas sebuah benda yang berbentuk silinder dari kertas yang memiliki ukuran panjang antara 70- 140 mm (bervariasi tergantung Negara) dengan komposisi daun- daun tembakau yang telah dicacah yang juga telah dicampuri dengan berbagai zat perasa yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka para perokok yang ada di Indonesia, mulai dengan menganjurkan terhadap para produsen rokok agar menampilkan larangan dan bahaya dari rokok yang akan dibelinya berupa gambar yang menyeramkan di setiap bungkus rokok.

Terus lagi tidak membolehkan para perokok secara bebas berkeliaran merokok di tempat- tempat umum . Namun  beragam upaya tersebut tidak menjadikan angka perokok semakin mengecil , bahkan yang lebih menghawatirkan lagi bahwa semakin hari para perokok semakin bertambah dan mulai merambah juga terhadap anak- anak di usia sekolah .

Tentunya ini suatu pekerjaan rumah bagi pemerintah kalau memang serius dalam meminimalisir angka perokok dan orang yang meninggal yang diakibatkan dari terbiasanya menghisap rokok.

Susah memang untuk menjadikan Indonesia yang betul betul sehat tanpa rokok, karena sebagaimana Kita ketahui Indonesia adalah Negara penghasil tembakau tertinggi. Sebagai contohnya Kita dapat melihat kekuatan finansial dari pabrik rokok besar seperti Djarum dan Sampoerna yang telah memberikan “banyak kontribusi” untuk negri dalam bentuk beasiswa pendidikan sebagai langkah cuci tangan dari dosa yang telah mereka dapatkan hasil berjualan rokok.

Apapun yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok mari Kita dukung saja terlepas dari berhasil atau tidaknya upaya tersebut. Yang menjadi wajib untuk Kita adalah mengetahui betul akan dampak menjadi perokok dan dampak bagi perokok pasif yang hidupnya berada dekat lingkungan para perokok  terhadap kesehatan tubuh.

Nah, sebagai langkah saya untuk membantu upaya pemerintah dalam menekan jumlah perokok di Indonesia berikut akan Saya beritahukan  beberapa dampak negative merokok bagi kesehatan tubuh .

Dampak Merokok terhadap Otak

dampak merokok terhadap otak
bedahtekno.com

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan memberikan sebuah bukti bahwa dampak rokok terhadap otak dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke sebesar 50 persen. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan otak dan juga kematian yang diakibatkan oleh penyakit stroke.

Dampak Merokok terhadap Paru- paru

dampak Merokok terhadap Paru- paru
vivamuslim.com

Salah satu dampak yang berbahaya rokok terhadap tubuh adalah pada bagian paru- paru. Bahan- bahan Kimia yang terdapat dalam asap rokok sangat berbahaya dan dapat berpotensi merusak sel- sel paru sehingga dapat menyebebakan sel kanker.

Dampak Merokok terhadap Mulut dan Tenggorokan

Dampak Merokok
sakittenggorokan.com

Kita pasti pernah melihat di salah satu bungkus rokok  yang menampilkan keadaan mulut dan tenggorokan yang rusak parah akibat konsumsi rokok. Memang selain dampak rokok terhadap organ vital berupa paru- paru organ lain yang dapat rusak adalah mulut dan tenggorokan karena dari kedua tempat tersbutlah asap rokok yang merupakan zat- zat yang berbahaya bagi tubuh keluar masuk yang dapat memicu adanya penyakit gusi dan kerusakan pada indera perasa.

Dampak Merokok terhadap Lambung

Dampak Merokok terhadap Lambung
ekafarm.com

Pada dasarnya  merokok  dapat mengakibatkan lemahnya otot yang berfungsi sebagai pengontrol bagian bawah kerongkongan. Hal tersebutlah yang dapat mengakibatkan asam lambung yang begerak menuju arah yang salah, yaitu kerongkongan.

Kondisi tersebut biasa disebut dengan penyakit asam lambung yang mana apabila dibiarkan tanpa adanya perawatan dan niatan untuk berhenti merokok maka akan semakin menjadikan parah dan beresiko mengalami tukak atau ulkus, bahkan juga kanker lambung yang mematikan.

Dampak Merokok terhadap Tulang

Dampak Merokok terhadap tulang
dijualmurah.net

Bahaya merokok lainnya adalah akan terjadi pada tulang. Racun pada rokok dapat merusak tulang dengan cara menghentikan system kerja sel-sel kontruksi. Maka dari itu, perokok aktif akan lebih berisiko terkena penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

Bahkan lebih parahnya lagi, racun pada rokok juga berpotensi keseimbangan hormon-hormon yang berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen misalnya.

 

 

Tinggalkan komentar