Dampak Positif dan Negatif dari Tanah Longsor

Tanah Longsor adalah pergerakan tanah yang biasa disebut dengan suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa tanah atau bebatuan dengan berbagai jenis dan tipe. Secara umum longsor terjadi karena disebabkan oleh faktor pemicu dan faktor pendorong.

Tanah longsor merupakan bencana yang termasuk juga bencana mengerikan di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di Negara-negara lain juga. Bencana tanah longsor ini termasuk bencana yang berbahaya seperti tsunami, banjir bandang, gempa bumi, dan bencana-bencana lainnya.

Oleh karena itu setiap bencana pasti memiliki sisi negatif dan sisi positifnya. Dalam hal ini akan membahas tentang dampak positif dan dampak negative dari terjadinya tanah longsor.

regional.kompas.com
regional.kompas.com

Dampak Positif Tanah Longsor

Apakah kamu berpikir bahwa setiap bencana yang timbul selalu membuat hal yang negatif? Tentu tidak, tidak semua bencana yang timbul selalu mengakibatkan hal yang negatif, seperti beberapa hal positif yang bisa kamu ambil dari bencana tanah longsor ini.

  • Ketika terjadi bencana seperti tanah longsor ini bisa meningkatkan kesadaran diri supaya tidak terjadi lagi penebangan hutan dan memperluas lahan.
  • Meningkatkan kepedulian terhadap korban bencana dan kepedulian terhadap sesama secara umumnya.
  • Menjadikan sikap waspada dan siaga bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan tehadap tanah longsor.
  • Bisa menjadikan motivasi dan penelitian oleh para ahli geologi apa yang bisa menyebabkan tanah longsor terjadi.

Dampak Negatif Tanah Longsor

Dampak negatif dari terjadinya tanah longsor lebih banyak dari pada dampak positifnya. Tentu dampak positif yang diakibatkan dari tanah longsor sudah sangat jelas terlihat. Berikut ini beberapa dampak negatif terjadinya tanah longsor.

news.okezone.com
news.okezone.com
  • Mengakibatkan rumah-rumah masyarakat yang tinggal di area tanah longsor kehilangan tempat tinggal.
  • Mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.
  • Memutus jalur transportasi ketika tanah longsor menimbun jalanan utama.
  • Mengakibatkan perekonomian tersendat di daerah yang terjadi tanah longsor.
  • Kerugian bagi Negara karena infrastuktur yang tertimbun oleh tanah longsor, dan masih banyak lagi dampak-dampak negatif maupun negatif dari terjadinya tanah longsor.

Itulah sekilas tentang dampak positif dan dampak negatif yang disebabkan oleh tanah longsor. Dan perlu disadari terjadinya bencana-bencana seperti ini biasanya karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar