Manfaat-manfaat Dapodik Helper Sebagai Pelengkap Aplikasi Dapodik

DAPODIK HELPER – Aplikasi ini biasanya sering digunakan di sekolah-sekolah. Hal ini karena Dapodik Helper sangat berguna sekali bagi operator sekolah untuk membuat kartu NISN yang disertai dengan barcode. Terdapat manfaat-manfaat lain yang disediakan oleh aplikasi ini.

Dapodik Helper sering sering kali disebut secara singkat dengan nama DH. Aplikasi ini dikembangkan dan dibuat oleh kemendikbud dengan berbagai fitur yang telah disajikan di dalam aplikasi Dapodik Helper.

Oleh karena itu menjadi penting untuk mengetahui berbagai manfaat yang dimiliki oleh fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi yang keren ini. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai manfaat yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Dapodik Helper

dapodik helper
sdnngasempapat.blogspot.com

Aplikasi Dapodik Helper dikembangkan dengan fungsi sebagai pelengkap aplikasi terdahulu yaitu DAPODIK. Sebagai pelengkap aplikasi sebelumnya ini merupakan aplikasi yang  diciptakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana aplikasi ini menyediakan fitur-fitur tambahan yang belum tersedia di aplikasi Dapodik.

Manfaat-manfaat Dapodik Helper

mencetak kartu NISN
youtube.com

Berikut beberapa manfaat yang dimiliki oleh aplikasi Dapodik Helper yang berguna sebagai pelengkap Dapodik.

1. Backup dan Restore Database Dapodik

Backup dan restore data merupakan fitur dasar yang dimiliki oleh Dapodik Helper sejak pertama kali diluncurkan sampai sekarang ini. Fitur yang satu ini dapat menjadi solusi bagi Anda untuk backup lokal sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan pada laptop Anda.

Dengan melakukan backup data, Anda akan dapat membuka database yang Anda miliki di Laptop lainnya tanpa kehilangan data sama sekali.

2. Mengembalikan Data yang Sudah Terhapus

Fitur yang satu ini dibuat sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan ketika data yang sudah Anda masukan tidak sengaja terhapus. Fasilitas pelengkap ini berguna agar data yang terhapus dapat dikembalikan seperti sedia kala.

3. Merubah Password Dapodik

Pada aplikasi Dapodik tidak disediakan fitur untuk merubah password, sehingga apabila Anda lupa password maka harus menginstall ulang. Namun dengan fitur ini Anda bisa menggantinya dengan password yang mudah untuk diingat.

4. Mencetak Kartu NISN yang Disertai dengan Barcode

Manfaat Dapodik Helper untuk mencetak kartu NISN yang disertai dengan barcode ini paling banyak dibutuhkan oleh para pengguna aplikasi ini. Karena dapat membantu operator sekolah yang diharuskan menyediakan bukti fisik kepada sekolah mengenai apa saja yang telah dia kerjakan.

5. Mencetak Formulir Penelitian Tindakan Kelas

Hal ini sangat berguna sekali bagi operator sekolah karena dapat membantu dalam menyesuaikan data PTK yang dientrikan dengan data yang sebenarnya. Selain itu operator sekolah dapat mencetak formulir PTK dengan bantuan aplikasi Dapodik Helper.

6. Mencetak Formulir Siswa

Formulir siswa merupakan kertas yang biasanya digunakan untuk mengetahui data pokok siswa mulai dari nomor induk siswa sampai keperluan administrasi sekolah lainnya.

7. Merubah Data yang Terkunci di Dapodik

Fitur yang satu ini bisa berguna untuk mengedit atau merubah data yang terkunci seperti nama siswa, tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Hal yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan ijazah siswa yang bersangkutan.

8. Prefill Ulang Dapodik

Fitur prefill ulang pada Dapodik bermanfaat untuk memasukkan prefill yang paling paru dari hasil sinkronisasi yang sudah di generate secara langsung dari server kemendikbud.

Itulah tadi manfaat-manfaat yang dimiliki oleh aplikasi Dapodik Helper yang bermanfaat sebagai aplikasi pelengkap dari aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat bagi Anda untuk mengenal lebih baik manfaat-manfaat yang dimiliki oleh aplikasi yang keren ini. Salam

Tinggalkan komentar