Dasa Dharma Pramuka Yang Harus Anda Hafal dan Pahami

DASA DARMA PRAMUKA – Hai sobat satu jam! di kesempatan ini kita akan membahas tentang Dasa Darma Pramuka. Tahukah anda apa itu Dasa Darma Pramuka dan apa saja isi dari Dasa Darma Pramuka? Untuk anda yang belum tahu ataupun yang sudah tahu namun lupa, maka simak ulasan-ulasan berikut mengenai Dasa Darma Pramuka.

Menjadi salah satu dari anggota gerakan pramuka wajib untuk hafal dan memahami isi dan makna dari Dasa Darma Pramuka. Secara bahasa arti dari Dasa adalah : sepuluh, adapun Darma : perbuatan baik. Jadi, secara istilah Dasa Darma merupakan sepuluh hal kebajikan yang benar-benar harus dipegang teguh oleh pramuka dalam perilaku sehari-hari.

sepuluh hal yang tertulis pada Dasa Darma Pramuka cukup memiliki kandungan makna yang sangat mendalam bagi diri manusia pribadi seutuhnya. Supaya lebih jelas dan mantap, berikut sepuluh hal yang terdapat pada Dasa Darma Pramuka.

Dasa Darma Pramuka

 

 

Dasa Darma Pramuka
pramukaindonesia.com

1. Takwa kepada Tuhan (Allah) Yang Maha Esa.

Yaitu dengan menjalankan semua perintah Tuhan (Allah) dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya. Mengawali semua perbuatan hanya dengan niat karena Allah semata dan selalu berbuat baik kepada orang tua.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga kelestarian alam dimana-mana. Serta membantu orang yang sedang membutuhkan perekonomian, yatim piatu, mengunjungi orang sakit, dan lain-lain.

3. Patriot yang sopan dan kesatria.

Yaitu selalu menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi kepada yang lebih muda. Selalu belajar dengan giat. Selalu mengakui jika hal itu adalah kesalahan dan membenarkan jika hal itu benar. Dan selalu menjaga perdamaian dan menjaga pertahanan tanah air.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.

Yaitu selalu patuh terhadap kedua orang tua, guru, pembina dengan menjalankan semua yang beliau perintah. Tidak mengambil keputusan sendiri tanpa adanya musyawarah.

5. Rela menolong dan tabah.

Yaitu menolong sesama kepada semua orang yang sedang tertimpa masalah, dan tidak mengharapkan imbalan darinya. Selalu tabah ketika kita tertimpa musibah ataupun ujian.

6. Rajin, terampil dan gembira.

Yaitu menyusun jadwal harian serta tidak pernah bolos kecuali ada halangan. Berlatih sampai bisa membuat kerajinan tangan, dan selalu gembira dan senang dalam melaksanakan pekerjaan.

7. Hemat, cermat dan bersahaja.

Yaitu selalu bersikap menghemat, tidak boros dan rajin menabung serta tidak berlebihan dalam segala hal.

8. Disiplin, berani dan setia.

Yaitu selalu tepat pada waktunya dan lebih mendahulukan kewajibannya dari pada meminta haknya. Serta berani dalam mengambil keputusan dengan tanpa mengecewakan temannya.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Yaitu selalu menjalankan amanat dan bertanggung jawab atas resiko yang ia lakukan. Jujur serta menghindari kebohongan.

10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Yaitu selalu berpikiran positif dalam segala hal serta menjauhi dari perkataan yang kotor. Menghargai pendapat dan sikap orang lain, dan menjauhi perbuatan yang jauh dari kebiasaan masyarakat.

Nah, itulah sepuluh hal yang terdapat pada Dasa Darma Pramuka. Memang banyak dan agak sulit untuk dihafalkan, namun para guru atau pembina sudah mempunyai metode supaya menghafal sepuluh hal yang ada pada Dasa Darma Pramuka bisa dihafal dengan mudah, berikut metode yang sudah terkenal.

Metode menghafal yang biasa digunakan adalah;

Dengan menghafalkan singkatan : Ta-Ci-Pa-Pat-Re-Ra-He-Di-Ber-Su (takwa, cinta, patriot, patuh, rela, rajin, hemat, disiplin, bertanggung jawab, suci). Dan setelah singkatan-singkatan itu, baru lanjut untuk menghafalkan kalimat setelahnya.

Seperti itulah metode yang biasa digunakan untuk menghafalkan isi dari Dasa Darma Pramuka. Sekiranya pembahasan mengenai Dasa darma Pramuka dan metode untuk mudah menghafalkannya cukup bisa dipahami, dan semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa bermanfaat untuk kita semua, wassalam.

Tinggalkan komentar