Yuk, Kenali Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan

Tanaman ini menjadi pengobatan yang nge-trend untuk mengobati penyakit diabetes melitus secara alami di Indonesia. Selain itu, perkembangannya pun telah banyak di sadari oleh masyarakat untuk mengobati penyakit secara herbal. Karena khasiat dari daun insulin ini mampu untuk mengontrol gula darah penderita diabetes.

Daun Insulin juga memiliki nama latin yaitu Smallanthus sonchifolius atau sinonimnya Polymnia edulis, P. Sonchifolia. Daun Insulin juga dikenal dengan nama daun yakon. Daun yakon adalah tanaman tahunan tradisional yang tumbuh di Andes Utara dan Tengah dari Kolumbia ke Argentina Utara. Secara tradisional, akar yakon ditanam oleh para petani di Midelevations di lereng timur Andes turun menuju Amazon.

Ciri-Ciri Daun Insulin

kiatsehatku.wordpress.com

Ciri-ciri tanaman ini memiliki rasa yang manis, resin, dan bungannya mirip dengan bunga violet. Mungkin dikarenakan adanya insulin yang dapat menghasilkan rasa manis dari akar elecampene.

Penelitian Daun Insulin

ecoosfera.com

Menurut Michael Hermann dari Research Project Leader of the Andean Roots and Tubers, mengungkapkan bahwa tanamana yakon memiliki kandungan fruktosanya sekitar 35%. Sedangkan menurut Dr. Sri Widowati tanaman yakon kaya dengan insulin di mana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang dapat dicerna oleh enzim pencernaan namun dapat di fermentasi oleh usus besar.

Keadaan inilah yang dapat membuat para penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan karenanya dengan mengonsumsi tanaman yakon dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Nah, tanaman yakon juga banyak digunakan oleh para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Manfaat Daun Insulin

widyahandini.blogspot.com

Tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna apabila dikonsumsi secara tepat dan teratur dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Di bawah ini beberapa manfaatnya.

Memiliki Efek Prebiotik

Daun insulin juga memiliki kandungan Fructooligosaccharides yaitu suatu fuktoasi yang sangat baik untuk bakteri yang berada di usus. Jadi dengan mengonsumsi tanaman ini dapat menjaga kesehatan pencernaan kamu.

Anti Bakteri atau Anti Mikroba

Dengan mengonsumsi daun insulin secara teratur dapat mencegah perkembangan bakteri dan kuman yang berbahaya yang berada di kandung kemih dan ginjal.

Mengatasi Gula Darah yang Tinggi

Sesuai namanya daun insulin ini memiliki kandungan zat yang aktif dan dapat menurunkan kadar gula darah di dalam darah. Daun insulin juga memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Oh iya, daun ini juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia loh untuk mengontrol gula darah dan mengurangi serang hiper glikemik.

Sebagai Antioksidan Alami

Daun insulin juga dapat menjadi sebagai antioksidan untuk tubuh. Di dalam daun insulin juga mengandung senyawa yang dapat menjadi antioksidan. Nah, dengan mengonsumsi daun insulin secara teratur dapat menjaga kesehatan dan stamina tubuh kamu juga loh.

Meningkatkan Kesehatan Organ Hati

Daun insulin hampir sama dengan temulawak yang berfungsi sebagai penguat vitalitas organ hari. Dengan mengonsumsi daun ini secara teratur dapat mencegah penyakit hati, eits bukan obat patah hati ya.

Cara Mengonsumsi Daun Insulin

belanjaalkes.com

Kamu bisa juga loh mengonsumsi daun insulin langsung dari daunnya caranya sebagai berikut:

  • Langkah pertama siapkan 15 lembar daun insulin baik yang telah kering maupun yang masih basah.
  • Cuci bersih daun insulin, kemudian direbus dengan air sebanyak 5 gelas (1 gelas sekitar kurang lebih 200 ml).
  • Nah, biarkan rebusan air tersebut tersisa 3 gelas kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan daun insulin tersebut 2 atau 3 kali sehari secara teratur.

Satu pemikiran pada “Yuk, Kenali Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan”

Tinggalkan komentar