Tahukah Kamu Khasiat Daun Kesum yang Baik Bagi Kesehatan?

Daun kesum, daun ini memiliki nama latin Polygonum minus dan lebih dikenal dengan daun laksa, daun ini berasal dari Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Tumbuhan ini banyak dijumpai di dataran rendah dan tumbuh liar di kawasan yang bertanah lembap dan berair seperti di tepi kolam, tepi parit dan juga kawasan di keliling rumah kampung. Nama lain dari daun ini adalah Chinese knotweed dan Vietnamese Mint dalam bahasa inggris.

Kesum merupakan tanaman herbal yang menjalar. Ðaunnya yang tersusun secara rapi berselang pada batang, dan berwarna hijau tua dan sangat khas dan aromatik.

Batangnya berbentuk silinder halus, berwarna hijau dan sedikit kemerah-merahan, mempunyai buku dan ruas-ruas yang pendek serta mudah berakar. Bunga kesum terdapat pada pucuknya, memiliki bentuk yang kecil dan berwarna putih keungu-unguan.

ceritasondha.com
ceritasondha.com

Umumnya terdapat dua jenis daun kesum, yaitu yang menjalar dan yang tumbuh agak menegak. Bagian daun kesum merupakan bagian yang paling banyak digunakan dalam makanan.

Daun ini akan menghasilkan sedikit rasa asam, serta aromanya yang cukup menggugah selera setelah dicampurkan dalam masakan. Selain digunakan dalam masakan, daun ini juga memiliki khasiat yang berguna dalam pengobatan.

Khasiat Pokok Daun Kesum

sudutruang.com
sudutruang.com

Tanaman kesum sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia sebagai bahan perisa di dalam banyak jenis makanan dan masakan, terutama untuk rasa laksa dan asam pedas.

Daun ini juga bisa dimakan langsung sebagai lalapan ataupun dimakan sebagai lauk pauk. Secara tradisional, air rebusan daun kesum digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, dan dapat menghilangkan ketombe di kepala, serta sebagai minuman untuk perempuan selepas bersalin.

Dari segi khasiat makanannya, daun kesum kaya dengan beta karoten, vitamin C, vitamin A  dan juga bahan unsur tanah seperti kalium, kalsium dan fosforus.

Daun kesum yang memiliki bau khas yang aromatik, dan dapat menghasilkan minyak sari pati yang mengandung bahan kimia aliphatic aldehyde yang tinggi sampai 60 persen, dan unsur kimia utamanya ialah decanal dan dodecanal.

Minyak dari daun kesum juga dipercaya mempunyai potensi yang tinggi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang kurang  baik,  apalagi daunya yang cocok unutuk bahan makanan pokon dan dalam industri perisa dan wangi-wangian.

Tinggalkan komentar