Daur Nitrogen, Mekanisme Disertai Penjelasan dan Gambarnya

DAUR NITROGEN adalah sebuah siklus yang sangat penting dalam proses penyusunan unsur protein yang berada dalam tubuh makhluk hidup. Protein biasanya diperoleh dari tumbuhan-tumbuhan hijau dalam bentuk amonia dan nitrat.

Kecilnya jumlah nitrogen yang terkandung dalam air menjadi faktor pembatas bagi tumbuhan untuk hidup di area perairan seperti sungai, danau, dan laut. Dimana produksi senyawa organik nitrogen dipengaruhi oleh besarnya jumlah perbandingan unsur amonia dan nitrat.

Pada zona eufotik sebagian besar senyawa nitrogen berikatan dengan unsur protein yang berada di dalam tubuh makhluk hidup. Meskipun begitu terdapat beberapa bakteri yang bisa menangkap amonia yang terdapat pada udara bebas yang kemudian akan digunakan oleh tumbuhan.

Selain terdapat beberapa mikroorganisme yang dapat mengikat nitrogen secara bebas, terdapat mikroorganisme lain yang juga bisa mereduksi nitrat dan melepas nitrogen. Berikut ini adalah beberapa mekanisme daur nitrogen yang dilakukan oleh mikroorganisme.

Mekanisme Daur Nitrogen

daur nitrogen
ediponorogo.wordpress.com

Di alam mekanisme siklus daur nitrogen terjadi melalui beberapa tahapan. Proses tersebut terjadi secara terus-menerus dan berulang memutar sehingga disebut juga siklus daur nitrogen. Berikut penjelasan mengenai setiap tahapan yang terjadi pada siklus daur nitrogen.

Fiksasi

azotobacter
jogjatani.blogspot.co.id

Fiksasi merupakan proses pengikatan nitrogen oleh bakteri yang terjadi di dalam air. Adapun jenis-jenis bakteri yang mampu mengikat nitrogen adalah Azotobacter agile dan Azotobacter chroococcum. Proses pengikatan nitrogen ini terjadi dalam keadaan aerob.

Amonifikasi

Proses amonifikasi termasuk komponen penting dalam kehidupan makhluk hidup di dalam air. Hal ini karena melalui amonifikasi unsur amonia akan dapat kembali ke dalam lingkungan secara terus-menerus membentuk sebuah siklus materi.

Senyawa amonia sendiri berguna dalam membantu proses pemecahan protein dan menjadi sumber nitrogen pada beberapa jenis tumbuhan.

Nitrifikasi

Nitrifikasi
generasibiologi.com

Pada proses nitrifikasi dihasilkan energi yang didapatkan melalui bakteri nitrit yang berinteraksi dengan oksigen. Untuk menghasilkan energi pada proses amonifikasi, senyawa amonia akan dioksidasi melalui dua tahapan yang dinamakan nitritasi dan nitratasi.

Nitritasi

Pada proses nitritasi, amonia dan oksigen akan dirubah menjadi nitrit, air (H2O), dan anergi dengan bantuan bakteri Nitrsomonas dan Nitrosococcus.

Nitratasi

Pada proses nitratasi, nitrit dan oksigen akan dirubah menjadi nitrat dan energi dengan bantuan bakteri Nitrobacter.

Denitrifikasi

Denitrifikasi
generasibiologi.com

Proses denitrifikasi dihasilkan gas nitrogen yang terjadi secara anaerob. Dalam proses ini nitrat akan berubah menjadi gas nitrogen dengan bantuan bakteri anaerobik fakulatif.

Itulah tadi proses-proses yang terjadi dalam daur nitrogen. Siklus tersebut akan terjadi secara terus-menerus dan terjadi secara berulang sehingga mampu menjaga keseimbangan unsur nitrogen di Bumi. Semoga artikel daur nitrogen ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagai para pembaca. Salam.

Tinggalkan komentar