Definisi Kebudayaan Dan Pengertian Budaya Warisan Indonesia

DEFINISI KEBUDAYAAN – Apakan Anda sudah atau apa itu kebudayaan? Dari mana asalnya dan bagaimana sejarah budaya tersebut?.

Kalau Anda belum tahu, atau sebelumnya pernah mendengar tentang definisi kebudayaan Nusantara tapi lupa. Pada kesempatan kali ini kami akan sharing pengetahuan mengenai definisi kebudayaan, baik namanya maupun sejarahnya.

Definisi Kebudayaan

definisi kebudayaan indonesia
©hindustantimes.com

Kata “kebudayaan” itu sendiri diambil dari dari bahasa Sanskerta dari kata “buddayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata “budhi” yang mengandung arti akal atau budi.

Berarti kebudayaan diartikan sebagai segala hal yang memiliki sangkut paut dengan budi dan akal. 

Sedangkan pengertian kebudayaan secara umum yaitu hasil cipra, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi melengkapi kebutuhan hidup yang bermacam-macam.

Kebutuhan manusia tersebut bisa berupa keyakinan, pengetahuan, susila, seni, hukum adat dan kecakapan, serta kebiasaan.

Ada juga tokoh-tokoh tertentu yang memberikan penjelasan mengenai kebudayaan seperti Koentjaraningrat, Selo Soemardjan, dan Soelaeman Soenardi.

Definisi Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

definisi kebudayaan indonesia
©bbci.co.uk

Definisi kebudayaan menurut Koentjaraningrat berpendapat bahwa kebudayaan adalah semua manusia dari mulai tingkah laku dan dan hasil harus didapatkan dengan belajar dan semua hal itu tersusun dalam sebuah kehidupan masyarakat.

Definisi Kebudayaan Menurut Selo soemardjan dan Soelaeman Soenardi

definisi kebudayaan indonesia
©squarespace.com

Definisi kebudayaan menurut Selo dan Soelaeman yang tertuang dalam buku karyanya Setangkai Bunga Sosiologi  yang diterbitkan oleh Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, tahun 1964, mengatakan bahwa :

Kebudayaan adalah sebuah hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya yang diciptakan menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudyaan jasmaniah (material culture) yang dibutuhkan oleh manusia guna mengendalikan alam sekitar supaya hasilnya dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

Definisi Kebudayaan dalam Bahasa Inggris

definisi kebudayaan indonesia
©razorcurler.com

Kebudayaan dalam dalam Bahasa Inggris disebut dengan culture. Kata culture sendiri adalah sebuah istilah yang boleh dikatakan baru dalam Bahasa Inggris, yaitu muncul pada sekitar pertengahan Abad ke-19.

Sebelumnya, sekitar tahun 1843, para ahli antropologi menggunakan istilah kebudayaan dalam bercocok taman atau mengolah tanah. Salah satu contohnya terdapat pada kata agriculture dan holticulture.

 

Selain itu masih banyak para ahli yang mendefinisikan kebudayaan dalam berbagai sudut pandang.

Demikian pembahasan mengenai pengertian kebudayaan, semoga memberikan pengetahuan yang baru untuk Adan.

Tinggalkan komentar