Mengenal Penyebab, Cara Pencegahan, dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah termasuk ke dalam kategori yang sering menyerang penduduk Indonesia. Semua kalangan bisa terkena penyakit yang satu ini. Wabah demam berdarah paling ditakuti saat musim penghujan. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan, angka kenaikan penderita demam berdarah ini terus meningkat saat musim penghujin tiba. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai seluk beluk penyakit demam berdarah. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

radioaustralia.net.au

Penyebab penyakit demam berdarah adalan infeksi dari virus dengue yang terdapat pada nyamuk Aides aegypti. Biasanya nyamuk ini sering bersarang di rumah-rumah serta tempat genangan air yang kotor. Penyebaran bisa terjadi saat nyamuk menggigit si penderita demam berdarah, di mana dalam gigitannya terdapat virus. Selanjutnya virus sudah masuk ke dalam nyamuk yang akhirnya menularkan penyakit demam berdarah.

Dengan siklus yang sudah disebutkan di atas, maka penyebaran penyakit ini bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Orang yang sudah terinfeksi virus dengue, maka kemungkinan orang tersebut bisa mudah terinfeksi virus ini kembali. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dengan persebaran penyakit ini.

Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

jogjakota.go.id

Demam berdarah dapat berkembang pada iklim serta kondisi lingkungan yang hangat. Nyamuk Aides aegypti ini dengan mudah menyebar serta berkembang biak dengan cepat. Nah, di bawah ini merupakan beberapa faktor resiko terjadinya penyakit demam berdarah.

  • Orang yang tinggal di kawasan perumahan padat penduduk.
  • Wilayah yang mempunyai iklim hangat dan lembab.
  • Lingkungan dengan sanitasi yang kurang baik seperti terlalu banyak genangan air baik bejana maupun di tanah.
  • Wilayah yang sudah pernah mempunyai kasus demam berdarah.
  • Anak-anak sampai orang dewasa bisa mempunyai resiko yang tinggi jika tinggal di lingkungan yang memicu penyebaran nyamuk Aides aegypti.

Bagaimana Pemeriksaan Demam Berdarah

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
ceritamedan.com

Pada tahap awal gejala demam berdarah biasanya sering tidak disadari karena gejalanya yang sangat mirip dengan tifus. Banyak orang yang meragukan antara penyakit demam berdarah atau tifus. Adapun gejala awal demam berdarah adalah mual, demam, mutah, batuk kering dan sakit kepala. Tetapi untuk menentukan kepastian penyakit demam berdarah, maka kamu bisa melakukan pemeriksaan-pemeriksaan di bawah ini.

  • Pemeriksaan tekanan darah. Bila tekanan darah terlalu drop dan mengakibatkan penderita menjadi lemah, maka gejala ini harus dirujuk untuk pemeriksaan lainnya.
  • Pemeriksaan darah. Pemeriksaan untuk melihat jumlah trombosit serta pembekuan darah.
  • Pemeriksaan kulit. Pemeriksaan untuk melihat ruang pada kulit serta bercak kemerahan pada kulit yang jika ditekan tidak bisa hilang.
  • Pemeriksaan ronsen dada. Untuk melihat kemungkinan terjadinya komplikasi pada paru-paru.

Pencegahan Demam Berdarah

sukaremaja.or.id

Para ilmuwan di berbagai negara maju kini sedang mengembangkan sebuah vaksin yang dapat mencegah terjadinya penyakit demam berdarah. Percobaan pemberian vaksin ini sudah dilakukan di Amerika serikat untuk anak-anak. Tetapi kondisi efek dari vaksis memang belum dikatakan sempurna, sehingga belum bisa diperkenalkan secara luas ke dunia medis. Adapun pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah adalah dengan mencegah supaya tidak terinfeksi virus dengue. Untuk langkah-langkahnya sendiri, kamu bisa melakukannya sebagai berikut.

  • Ciptakan kondisi lingkungan rumah yang asri dan bersih. Kamu dapat menanam bunga atau pohon di halaman rumah. Selain itu kamu juga harus membersihkan rumah secara teratur supaya tidak ada nyamuk yang bersarang di di lingkungan rumahmu.
  • Jika kamu tinggal di pemukiman padat penduduk, maka hindari keluar rumah tanpa menggunakan pelindung ketika pagi dan sore hari.
  • Lakukan aktivitas pada pagi hari dan hindari tidur di pagi hari.
  • Gunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh jika kamu pergi ke tempat yang hangat atau redup yang menjadi tempat sarang nyamuk.
  • Gunakan obat nyamuk yang dapat dipakai di kulit, pakaian maupun rumah.
  • Bersihkan semua tempat yang dapat menyebabkan terjadinya genangan air seperti selokan, bejana, atau lubang tanah. Nyamuk sangat suka tinggal di lingkungan seperti ini.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar