7 Desain Pintu dan Jendela yang Artistik dari Berbagai Negara di Eropa

Saat membuat rumah, tentunya bagian yang paling menarik perhatian dari luar adalah pintu dan jendelanya. Lalu, sudahkah kamu memiliki ide desain pintu dan rumah kamu yang baru?

Nah, kalau belum beberapa ide desain pintu dan jendela ini barangkali bisa menjadi inspirasi buat kamu. Sebenarnya, dsebut desain juga tidak tepat karena berbagai pintu dan jendela ini adalah pintu dan jendela rumah biasa.

Hal yang istimewa tentunya adalah betapa beragamnya jenis, warna dan bentuk pintu serta jendela di bawah ini. Seluruh gabar di bawah ini adalah hasil karya fotografer bernama Andre Vicente Goncalves.

Venice, Jendelanya Dunia

boredpanda.com

Tentu menyebut Venice di Italia sebagai jendelanya dunia bukanlah sebutan sembarangan. Alasannya sudah jelas, tentu saja karena Venice adalah ‘kota yang terendam’ jadi semua pintu masuk justru terlihat seperti jendela.

Bahkan banyak juga yang menggunakan jendela sebagai pintu sekaligus. Dan puluhan keindahan desain jendela itu bisa kamu saksikan pada gambar di atas. Kalau belum cukup, kamu bisa mengunjungi Venice secara langsung.

 

Burano

boredpanda.com

Masih di Italia, bahkan letak Burano pun tidak jauh dari pusat kota Venice, tepatnya Burano terletak di Laguna Venetia, daerah utara Italia. Kawasan seluas 21 hektar ini hanya ditinggali oleh sekitar 2.800 orang.

Bedanya dengan desain jendela di Venice, di Burano bentuknya mungkin lebih sederhana didominasi bentuk persegi panjang lazim jendela biasanya. Namun warna warni tembok di Burano jauh lebih indah dan bervariasi.

 

Guimarães

boredpanda.com

Nah, mari beralih ke Portugal, ke kota Guimarães yang berada di distrik Braga. Guimarães adalah salah satu lokasi bersejarah di Portugal. Kawasan yang berisi banyak bangunan abad pertengahan dan arsitektur serta seni bersejarah.

Tentunya desain jendela dengan kaca bening di kota Guimarães seperti pada gambar di atas sangat indah bukan? Mana yang menurutmu lebih indah dari desain jendela sebelumnya di Italia?

 

The Alps

boredpanda.com

Kalau desan jendela timbul yang satu ini di potret oleh Andre di daerah yang disebut The Alps. Desain ini memang sangat khas istana – istana Eropa meskipun dapat juga diterapkan pada rumah – rumah biasa.

Kalau kamu membuat desain jendela seperti ini di rumah kamu, kamu seolah menggabungkan beranda lantai dua dengan tiga jendela yang indah. Bentuk yang elegan, klasik dan tentu saja indah.

 

Spanyol

boredpanda.com

Mari berganti ke desain pintu di Spanyol. Gambar yang dijepret Andre di atas menunjukkan gambar berbagai pintu di Spanyol. Ciri nyatanya adalah ornamen kaca yang simetris pada pintu dengan ukuran besar.

Barangkali pintu – pintu yang difoto oleh Andre di Spanyol adalah pintu – pintu rumah mewah. Namun, tentu saja kamu bisa tetap membuat pintu besar pada desain rumah yang sederhana. Hasilnya akan unik pastinya.

 

Romania

boredpanda.com

Di negara ini, ciri yang sangat unik dari pintu – pintunya adalah memiliki kontur garis tertentu. Tentu saja garis – garisnya simetris, tipe seni Romania yang khas dan tidak dimiliki di berbagai negara Eropa lainnya.

 

Inggris

boredpanda.com

Nah, kalau di Inggris, tipe pintu yang paling lazim adalah yang memiliki ornamen hiasan atas pintu seperti setengah lingkaran. Bahkan bentuk semacam ini hampir selalu ada di semua pintu di rumah – rumah Inggris.

Andre sendiri sebenarnya adalah seorang peneliti komputer asal Portugal yang memutuskan untuk berkeliling dunia dan menjadi fotografer. Terutama untuk memotret berbagai jenis pintu dan jendela di dunia.

Tinggalkan komentar