6 Inspirasi Desain Rumah Kayu Minimalis dengan Konsep Hunian Sederhana

DESAIN RUMAH KAYU – Di jaman yang semakin maju ini banyak sekali muncul konsep-konsep hunian yang unik. Sebut saja seperti konsep hunian sederhana berbahan bangunan dari kayu.

Rumah kayu atau biasa disebut Log House menggunakan kayu sebagai bahan utama pembuatan rumah. Penggunaan kayu hampir merata mulai dari tembok, atap, tiang, jendela, pintu, lantai dan juga pagar.

Rumah kayu biasanya dibuat sangat sederhana dengan tidak meninggalkan konsep ramah lingkungan. Selain itu rumah kayu dinilai mempunyai sis artistik tersendiri yang dapat membuat penghuninya nyaman. Jika kamu ingin membuat rumah kayu minimalis sederhana, berikut ini ada beberapa inspirasi desain-desainnya.

Desain Rumah Kayu 1

Foto-Rumah-Kayu-Minimalis-Sederhana
ohrumahminimalis.com

Desain rumah yang pertama ini menggunakan bahan dasar kayu glonggongan. Jadi kayu-kayu yang digunakan tidak dibelah kecil-kecil atau tipis-tipis melainkan hanya dibelah jadi dua saja. Lihat saja bagian temboknya, sangat terlihat jelas bukan. Tipe desain rumah seperti ini hampir semuanya menggunakan kayu bahkan pondasi dasarnya juga terbuat dari kayu.

Rumah seperti ini sangat cocok dibuat di area lahan yang tidak tergenang air. Selain agar awet, rumah kayu yang tidak berpondasi tanam sangat rentan terhadap pergeseran akibat genangan air bah atau tanah yang licin. Sehingga rumah seerti ini cocoknya dibangun di perbukitan.

Desain Rumah Kayu 2

gambar-rumah-kayu-sederhana-classic
indesainrumah.blogspot.com

Rumah berikut ini sangat terlihat minimalis dan sederhana. Bisa dibilang desain yang satu ini merupakan rumah modern berbahan semen yang dilaipis dengan bahan kayu. Bagian semen biasanya digunakan untuk memperkokoh bagian struktur bangunan yang tinggi dan pondasi. Sedangkan bagian lapisan kayu terdapat pada tembok, atap, jendela dan juga pintu.

Rumah ini bisa jadi inspirasi untuk desain rumah di tengah kota. Selain karena tahan panas, rumah ini juga bisa jadi daya tarik tersendiri ditengah bangunan yang serba mewah.

Desain Rumah Kayu 3

Log-house-model-klasik-cocok-untuk-peristirahatan
inforumahminimalis.com

Desain rumah berikut ini termasuk bangunan berbahan dasar kayu yang sangat minimalis dan sederhana. Lihat saja dari aksen-aksen desainnya yang sederhana. Desain rumah ini bisa dibilang 90% kayu hanya bagian tertentu saja berbahan dasar kaca dan besi.

Rumah ini bisa dibangun di areal landai, miring, bahkan areal curam. Sebab desain ini menggunakan desain rumah panggung dimana pondasi disangga oleh beberapa tiang pondasi yang kokoh.

Desain Rumah Kayu 4

rumah-kayu-sederhana-2
inforumahminimalis.com

Rumah kayu seperti ini juga termasuk rumah kayu berpondasi modern. Biasanya pondasi dibuat dari bahan dasar bata atau batu yang disemen agar kokoh menpoang desain rumah yang besar.

Rumah seperti ini biasanya menggunakan bahan dasar kayu sebanyak 80% dengan ciri khas aksen budaya daerah. Hal itu terlihat dari desain atap, tiang dan pagar bangunan. Rumah berjenis desain seperti ini sangat bagus dibangun diantara pepohonan besar dan taman rumput hijau.

Desain Rumah Kayu 5

rumah-kayu-sederhana-hunian
inforumahminimalis.com

Desain berikut ini bisa digolongkan ke dalam rumah kayu berdesain modern minimalis. Hal ini bisa dilihat dari bentuk bangunannya dan juga aksen pada bagian teras rumah. Meski desainnya modern tetai bahan dasar bangunan ini seluruhnya terbuat dari kayu tanpa tambahan material lainnya.

Dan uniknya lagi adalah penggunaan pelitur cokelat hitam pada seluruh bagian kayu di rumah ini. Kesan yang ditimbulkan dari warna tersebut adalah klasik temporer. Sungguh rumah kayu minimalis yang sangat indah.

Desain Rumah Kayu 6

rumah-kayu-sederhana-konsep-hunian
inforumahminimalis.com

Rumah seperti ini merupakan desain rumah kayu panggung. Rumah in ditopang oleh pondasi di permukaan tanah. Karena banguannya yang amat luas dan besar maka penggunaan pondasinya terbuat dari material batu yang di semen. Namun jika dirinci secara keseluruhan maka bangunan ini 98% adalah kayu.

Selain itu desainnya juga minimalis dan cat yang digunakan juga hanya berbahan pelitur cokelat gelap. Tambahan aksen bunga warna-warni akan membuat sisi-sisi rumah terlihat hidup.

Satu pemikiran pada “6 Inspirasi Desain Rumah Kayu Minimalis dengan Konsep Hunian Sederhana”

Tinggalkan komentar