Pengertian Desentralisasi Adalah (Lengkap dengan Contohnya)

DESENTRALISASI ADALAH – Arti desentralisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah.

Pengertian Desentralisasi

desentralisasi adalah
kpa.or.id

Desentralisasi merupakan azas penyelenggaraan pemerintah yang dipertentangkan dengan sentralisasi. Adanya pembagian kewenangan dan tersedianya ruang gerak yang memadai untuk memaknai kewenangan yang diberikan kepada unit pemerintah yang lebih rendah (pemerintah lokal).

Hal itu merupakan perbedaan terpenting antara konsep desentralisasi dan sentralisasi. Akan tetapi perbedaan yang jelas ini menjadi remang-remang ketika diterapkan ke dalam dinamika pemerintahan yang sesungguhnya.

Ada yang memaknai desentralisasi sebagai desentralisasi politik (devolusi) dan desentralisasi administrtif (dekonsentrasi). Ada juga yang beranggapan bahwa desentralisasi adalah devolusi.

Perbedaan tersebut muncul dari hasil pemaknaan mengenai istilah desentralisasi itu sendiri. Para pakar politik setuju bahwa dianutnya desentralisasi yaitu supaya kebijakan pemerintah tepat sasaran, dalam artian sesuai dengan kondisi wilayah serta masyarakat setempat.

Ciri-ciri Desentralisasi

  • Penyerahan wewenang guna melaksanakan fungsi pemerintahan tertentu dari pemerintah pusat terhadap daerah otonom.
  • Fungsi yang diserahkan bisa dirinci, atau merupakan fungsi yang tersisa.
  • Penerima wewenang yaitu daerah otonom.
  • Penyerah wewenang berarti berwenang dalam menerapkan dan melaksanakan kebijakan, wewenang mengatur dan mengurus kepentingan yang sifatnya lokal.
  • Wewenang mengatur yaitu, wewenang dalam menetapkan norma hukum yang umum dan bersifat abstrak.
  • Wewenang mengurus yaitu, kewenangan dalam menetapkan norma hukum yang sifatnya individu dan konkrit.
  • Keberadaan daerah otonom ialah di luar hierarki organisasi pemerintah pusat.
  • Menunjukkan pola hubungan antar organisasi.
  •  Membuat political veriety dan diversity of structur dalam suatu sistem politik.

Contoh Desentralisasi

desentralisasi adalah
ilmudaninfo.com

Desentralisasi merupakan sebuah penyerahan wewenang oleh pemerintah pusat kepada daerah dalam kerangka sistem kenegaraan. Di Indonesia, penyerahan wewenang dari pemerintah diserahkan kepada daerah otonom.

Pengertian daerah otonom adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas daerah tertentu dan mempunyai wewenang dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan negara kesatuan. (Pasal 1 angkan 6 dan 7 UU No.32 Tahun 2004).

Desentrasi di Indonesia muncul karena adanya berbagai macam desakan, baik dari dalam maupun luar negeri. Kemudian desakan tersebut makin kuat mendorong pemerintah pusat guna melakukan dasentralisasi.

Hal itu disebabkan karena terjadinya krisis ekonomi saat itu dan juga desakan yang kuat dari domestik, karena tidak merasakan keadilan dan terpusatnya pengelolaan sumber daya alam.

Tinggalkan komentar