Deteksi Dini Kanker Payudara

Bulan ini merupakan bulan Breast Cancer Awareness. Beberapa waktu lalu, sejumlah aktivis melakukan aksi di ibukota untuk menyerukan sadar kanker payudara. Penyakit ini memang sering mengintai waniat modern. Tak ada salahnya Anda mengecek payudara sendiri. Buang jauh rasa takut dan khawatir Anda. Deteksi dini jauh lebih baik daripada Anda terlambat mengetahuinya. Cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini di rumah.

Cara Mendeteksi Payudara Sendiri

1. Mula-mula, letakkan tangan di pinggang dengan kondisi pundak rileks.

2. Bagian tubuh yang perlu Anda cek adalah bagian payudara samping kiri dan kanan, atas dan bawah, di atas puting payudara dan area ketiak.

3. Cek sekitar permukaan payudara terlebih dahulu, apakah terdapat benjolan yang terasa janggal.

4. Setelah diraba dan tidak ada yang janggal, mulailah menekan sedikit payudara Anda untuk mengecek apakah terdapat benjolan di dalamnya. Tekan pula area ketiak, karena pada beberapa kasus di lapangan membuktikan bahwa kanker ini dimulai dengan benjolan di area ketiak.

5. Setelah sampai di area puting, rasakan apakah ada benjolan di bagian bawah areola (daerah gelap di sekitar puting payudara).

6. Perhatikan juga bila terdapat tanda yang janggal seperti ruam, warna yang aneh, atau lecet.

7. Anda juga perlu memperhatian kontur dan bentuk payudara, apakah mengalami perubahan dan ada dorongan dari dalam yang menimbulkan bentol atau sejenisnya.

Bila terjadi keanehan dalam payudara Anda, segera konsultasikan pada dokter karena dokter akan menganjurkan beberapa cara untuk menanggulangi masalah pada payudara Anda. Bila perlu, datangi beberapa dokter agar Anda mendapatkan hasil yang jelas. Pencegahan kanker ini dapat dilakukan dengan mengurangi stres, menerapkan pola hidup sehat, dan olahraga.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar