Pengertian Deviden Beserta Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Ketahui

DEVIDEN ADALAH – Hai sobat satujam! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian dari deviden. Sebelumnya tahukah anda mengenai pengertian dari deviden? Nah, untuk anda yang belum tahu dan penasaran untuk mempelajarinya lebih lanjut, mari kita simak ulasan-ulasan berikut.

Bagi para pemegang-pemegang saham atau orang-orang yang bersangkutan tentangnya pasti tahu betul dan paham mengenai pengertian dari deviden. Langsung saja, supaya lebih mudah dipaham berikut pengertian dari deviden.

Pengertian Deviden

Deviden Adalah
okezone.com

Deviden adalah suatu pembagian mengenai laba kepada pemegang-pemegang saham yang bersangkutan berdasarkan jumlah saham dimiliki bersama. Dalam bentuk pembagian tersebut, akan mengakibatkan berkurangnya laba. Laba yang ditahan adalah suatu laba yang ditahan oleh perusahaan tersebut untuk membayar atau  membiayai suatu ekspansi yang akan datang.

Dividen sendiri teragi dalam empat jenis yaitu anatara lain;

1. Dividen Tunai : Suatu metode yang sudah sangat umum dalam pembagian keuntungan. Yang mana proses pembayaran dilakukan secara tunai serta terdapat pajak pada tahun pengeluarannya.

2. Dividen Saham : Pada metode ini juga sudah cukup umum. Yang mana proses pembayaran dilakukan dengan bentuk saham tambahan. Proses penambahan saham tersebut dengan menghitung berdasarkan proporsi akan jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan.

Metode yang satu ini sama dengan stock klip yang proses pembayarannya dilakukan dengan cara menambah jumlah saham. Serta mengurangi nilai tiap saham perusahaan, dengan itu tidak mengubah sama sekali kapitalisasi pasar.

3. Dividen Properti : Adapun metode ini, masih jarang dilakukan. Proses pembayaran ini dengan memberikan atau menyerahkan barang dalam bentuk aset.

4. Dividen Interim : Metode pembayaran ini, dilakukan dengan pemberian yang dilakukan suatu perusahaan yang bersifat sementara. Yang mana pada umumnya akan diberikan sebelum tutup buku.

Nah, seperti itulah pengertian dari dividen beserta jenis-jenis dividen yang bersangkutan mengenai pembagian saham. Sekiranya pembahasan mengenai dividen beserta jenis-jenisnya sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah ilmu dan bermanfaat untuk kita bersama, wassalam.

Tinggalkan komentar