6 Tips Menulis dari Dewi Lestari yang Bisa Kamu Coba Lakukan

Kalau kamu penggemar buku, tentu udah nggak asing lagi sama nama ini, Dewi Lestari. Seorang penulis wanita berbakat yang karyanya sudah banyak. Mungkin kamu pernah baca tuh karya-karyanya seperti Supernova, Perahu Kertas, Madre, dan karya lainnya yang tentu saja keren-keren.

Nah, dari karya yang sudah dikeluarkan oleh Dewi Lestari, ada lho beberapa yang sampai dibuat film layar lebarnya. Mungkin kamu pernah nonton juga tuh di bioskop.

Kalau ngomongin seorang penulis, tentunya kita pengen tahu dong kok tulisan-tulisan mereka itu bisa bagus-bagus gimana caranya? Nah, ternyata Dewi Lestari punya tips biar kalau nulis tu bawaannya nyaman dan seneng. Kalau udah gitu kan kita bisa fresh pikirannya dan bisa nulis dengan senang.

Penasaran gimana tips biar enak nulis? Langsung aja dilihat tipsnya di bawah ini!

 

Menulis Sambil Dengerin Lagu

kaceytoole.blogspot.com
kaceytoole.blogspot.com

Kadang kita pasti buntu kalau udah berusaha menulis dengan segenap hati. Tapi ternyata ide buat nulis itu nggak muncul-muncul juga. Nah, kalau udah gitu, coba kamu menulis sambil dengerin lagu kesukaan. Mungkin dengan mendengarkan lagu, kamu bisa mendapatkan ilham buat nulis.

Kalau Dewi Lestari, nggak cuma dengerin lagu aja tuh, tapi juga menulisnya di kafe. Jadi nulis di kafe sambil dengerin musik kesukaan. Bahkan, dia sampai puasa dari internet lho, demi menyelesaikan bukunya. Keren nggak tuh? Kamu bisa coba juga tuh kalau mau nulis. Mungkin nulis skripsi dulu yang nggak kelar-kelar tuh.

Buat Rencana dan Lakukan Riset

sustainablenano.wordpress.com
sustainablenano.wordpress.com

Kalau kita udah merencanakan sesuatu, pastilah lebih mudah untuk maju. Begitu juga dengan menulis, buatlah mind map, apa saja yang ingin kamu tulis. Sehingga, tulisanmu nantinya akan lebih terorganisir dan rapi.

Selain itu, kamu juga membutuhkan yang namanya riset. Riset ini penting banget, karena kalau tulisanmu itu kurang bahan nanti isinya bakal nggak mendalam. Kamu bisa riset di mana saja, kalau mau nulis novel tentang kehidupan sekolah, mungkin kamu bisa pergi ke sekolah. Atau bisa juga mencarinya di internet, tapi dari sumber yang valid ya.

Nah, kalau kedua hal antara mind map dan riset ini digabungkan, maka akan menghasilkan tulisan yang bagus. Tulisanmu jadi lebih berisi dan akan terorganisir serta terarah.

Terus Menulis, Walau Apapun Tanggapan Orang

Menulis dengan tangan
haikudeck.com

Setiap kali ada event kepenulisan, Dewi Lestari sering berpesan bahwa kalau kamu ingin jadi penulis, maka menulislah. Menulislah untuk diri kamu sendiri, mulai menulis tentang hal yang kamu sukai dan rutinlah menulis.

Apapun pendapat orang tentang tulisan kamu, jangan sampai itu membuatmu menjadi down dan tak mau menulis lagi. Tentu ada orang yang yang tidak suka dengan tulisanmu. Tapi, bukan berarti nggak ada yang suka kan? Makanya, teruslah menulis, percaya kalau suatu saat karyamu akan banyak dikenal orang.

Cari Tempat yang Nyaman untuk Menulis

Desain kursi dengan posisi nonton TV
varrell.com

Dewi Lestari mengaku kalau dia lebih nyaman bekerja di rumah. Dia banyak menghabiskan waktunya menulis selama berjam-jam di dalam rumah. Nah, kalau kamu juga lebih nyaman untuk bekerja di rumah, ya mengapa tidak. Atau mungkin kamu lebih nyaman menulis di perpustakaan atau di taman? Coba saja berbagai tempat sampai kamu menemukan mana yang nyaman.

Meletakkan Meja di Dekat Jendela

rumahidealis.co
rumahidealis.co

Ada salah satu cara yang bisa membuatmu merasa nyaman bekerja di rumah. Salah satunya adalah meletakkan meja kerjamu di dekat jendela. Dengan meja yang letaknya di dekat jendela, kamu dapat melihat birunya awan, atau hijaunya pepohonan. Jadi pikiran kamu akan lebih fresh dan kamu bisa menulis dengan riang.

Jangan Lupa Mandi

ummi-online.com
ummi-online.com

Nah, tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat badan segar dan bersih. Tentu saja caranya dengan mandi, karena setelah mandi badan akan terasa lebih segar. Kamu jadi bisa bersemangat untuk memulai hari dan menulis.

Tinggalkan komentar