Lokasi Google Didirikan Pertama Kali Sampai Menyebar ke Seluruh Dunia

DIMANA GOOGLE DIDIRIKAN – Google pertama kali dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page di Amerika Serikat Ketika mereka masih menjadi mahasiswa S2 di Universitas Standford.

Google direncanakan pada juni 1996 dan hanya berupa riset untuk keperluan kuliah. Namun pada akhirnya rencana mengenai google semakin maju sampai resmi menjadi sebuah perusahaan pada tahun 1998. Kantor pertamanya merupakan sebuah garasi milik sahabat mereka sendiri.

Garasi rumah ini milik Susan Wojcicki yang bertempat di Menlo Park, sebuah kota kecil di San Mateo California, AS. Banyak yang menyebutkan bahwa google adalah sebuah perusahaan yang dibangun di Menlo Park dan keberhasilannya dimulai dari sebuah garasi kecil milik sahabatnya tersebut.

Akhirnya, setelah google sukses sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Sekarang perusahaan besar ini memiliki banyak kantor cabang di seluruh dunia. Setiap kantor cabang ini memiliki keunikan dalam desain interiornya.

Dimana Google Didirikan? Berikut simak kantor unik google yang ada diseluruh dunia:

1. Mountain View California, US

Dimana Google Didirikan
caradesain.com

Sebelum membahas kantor cabang google yang ada di seluruh dunia. Tentunya Anda harus tahu dimana kantor pusat perusahaan raksasa ini.

Kantor pusat google terletak di Mountain View California, AS. Karena kantor yang satu ini adalah pusatnya, maka bangunan ini di bangun dengan elegan. Hampir setengah bangunan ini terbuat dari kaca, sehingga membuatnya terlihat mewah dan mempesona.

Dimana Google Didirikan

Setiap beberapa tahun sekali, kantor pusat ini selalu mengadakan perubahan desain bangunan. Saat ini, bagian depan kantor pusat  google penuh dengan tembok kaca.

Bagian depan gedung ini di isi dengan tulisan google. Tulisan tersebut bukan hanya sekedar nama perusahaan. Tapi juga sebagai logo kebanggaan dari mesin pencari nomor satu ini.

2. Santa Monica Arizona, US

Dimana Google Didirikan
caradesain.com

Kantor google yang satu ini didirikan masih di negara Amerika Serikat. Tepatnya di Santa Monica Arizona, AS. Kantor ini menyediakan tempat outdoor yang nyaman bagi karyawannya.

Kantor cabang ini adalah salah satu pusat pengembangan terbesar di Amerika Serikat, dimana para teknisi bekerja mengembangkan berbagai macam produk google yang sangat rumit.

Dimana Google Didirikan

Kantor gogle yang terletak di Santa Monica Arizona, Amerika Serikat ini menyediakan banyak fasilitas yang nyaman untuk karyawannya. Ada mesin minuman, papan catur, dan juga billiar untuk menjernihkan pikiran sejenak para karyawan.

Biasanya fasilitas seperti ini tidak ada di perusahaan lain. Hanya google saja yang berani melakukan perubahan untuk kenyamanan para pegawainya.

Dimana Google Didirikan

Bahkan di kantor google juga menyediakan video game seperti PS4 dan Xbox 360 lengkap dengan peralatannya untuk para karyawan. Walaupun dengan adanya fasilitas ini, para karyawan dan teknisi google masih bisa terus berkarya, bahkan lebih semangat memajukan perusahaan google.

3. Zurich, Swiss

Dimana Google Didirikan
caradesain.com

Kantor cabang google berikutnya adalah kantor cabang di Zurich, Swiss. Di kantor ini banyak ruangan dan fasilitas yang tidak lazim ada di sebuah perusahaan.

Contohnya adalah perosotan untuk menuruni lantai seperti gambar di atas. Mungkin para karyawan google yang bekerja disana ketika menggunakan perosotan ini merasa seperti kembali ke masa kecil. Atau bahkan mereka membayangkan sedang menjadi petugas pemadam kebakaran. Entahlah.

Dimana Google Didirikan

Selain perosotan, di kantor google yang satu ini juga menyediakan kursi gantung atau ayunan untuk karyawan. Hal ini bertujuan bagi karyawan yang bosan duduk di kursi kerja biasa.

Atau, mereka juga bisa hanya sekedar bersantai di ayunan sambil menikmati pemandangan yang indah dari atas kantor. Hmmmm, sepertinya mereka bebas ya?

Dimana Google Didirikan

Mungkin beberapa fasilitas yang sudah diebutkan tadi masih dibilang wajar untuk bersantai. Tapi, bagaimana dengan yang satu ini? Berbeda denga. Ruang rapat biasanya yang didesain elegan dan mewah.

Ruang rapat yang satu ini malah di desain seperti bagian dalam roket atau cerebro dalam film X-man. Menuut Anda ruangan di atas mirip seperti apa?

Dimana Google Didirikan

Tidak cukup dengan ruang rapat yang desain unik. Kantor cabang google di Swiss ini juga merombak ruang santai menjadi ruangan yang berisi potongan-potongan mobil atau kendaraan umum.

Walaupun terkesan aneh unik. Tapi, bagi orang yang pertamakali melihat ruangan ini mungkin seperti tempat berkumpul para gengster. Cukup ditambah kayu bakar sudah sangat pas menjadi lokasi santai para preman karyawan google.

4. Jakarta, Indonesia

Dimana Google Didirikan
kompas.com

Kurang rasanya jika tidak membahas negara sendiri, Indonesia. Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia juga memiliki kantor cabang google yang tidak kalah menarik dari kantor google yang lainnya.

Bahkan di kantor ini, Nuansanya sangat mencitrakan kekhasan dari Indonesia itu sendiri. Contohnya pada bagian dpan loby terdapat tulisan besar google yang dihias dengan kain batik.

Dimana Google Didirikan

Bukan hanya batik sebagai simbol dari negara indonesia yang di pajang. Di gedung yang berlokasi di Senayan, Jakarta ini juga memiliki banyak gambal yang menjadi ciri orang Indonesia, Wayang.

Siapa yang tak kenal Petruk, Bagong, Semar dan Gareng. Para tokoh wayang yang sudah melegenda ini juga ikut serta dalam menghias kantor google di Indonesia.

5. Stockholm, Swedia

Dimana Google Didirikan
caradesain.com

Kantor cabang google yang tidak kalah menariknya adalah kantor yang berada di Stockholm, Swedia. Walaupun bangunan yang satu ini terlihat padat, tapi, dengan dekorasi tembok berupa jendela membuat bangunan ini terlihat tetap luas.

Bahkan di dalam gedung ini para karyawan juga bisa menaiki sepeda untuk berpindah tempat atau sekedar mengecek bawahan. Dengan nuansa tumbuhan hijau yang ada di dalam ruangan, membuat gedung ini semkain hidup.

Dimana Google Didirikan

Walaupun banyak ruangan yang memiliki ukuran minimalis. Tapi, digedung ini Para karyawanan masih bisa tetap bersantai. Karena di gedung ini juga banyak fasilitas untuk menghibur para karyawannya.

Dengan desain tembok pemandangan menjadikan ruangan ini terliaht unik dan juga luas.

6. Dublin, Irlandia

Dimana Google Didirikan

Kantor cabang google yang ada di Dublin, Irlandia juga bernuansa alam. Di sana banyak bangunan yang dibuat sehingga menyerupai pepohonan, gua, dan padang rumput.

Bahkan warna digenung ini lebih berfokus pada warna hijau. Seperti lantai rumput sintesis yang berwarna hijau. Tembok dengan lukiskan pemandangan dalam hutan yang masih asri.

Dimana Google Didirikan

Berbeda dari kebanyakan kantor google yang menyediakan fasilitas hiburan berupa video game dan papan permainan. Di sana, para karyawan bahkan bisa bernyanyi sepuasnya karena terdapat fasilitas karaoke.

Fasilitas ini sengaja di buat Google agar para karyawanan yang letih bekerja seharian bisa menyalurkan ekspresi atau kepenatannya lewat musik.  di dalam tempat karaoke tersebut juga terdapat peralatan musik yang cukup lengkap, seperti: Bass, Gitar dan Piano.

Walaupun dengan banyaknya fasilitas penghibur pada setiap kantor cabang google yang ada di seluruh dunia. Para karyawannya masih bisa bekerja dengan baik, bahkan menambah produktivitas mereka.

Di negara kelahiran google sendiri. Perusahaan ini menjadi salah satu tempat kerja yang paling diminati oleh para mahasiswa yang ingin melanjutkan kerja atau sekedar magang di google.

Sebagai perusahaan besar, dan paling diminati. Google masih punya banyak kantor cabang lainnya di seluruh dunia. Bahkan bisa  dibilang hampir setiap negara maju terdapat kantor google.

Jadi, jika ditanya dimana google didirikan? Jawabannya sudah pasti hampir di setiap negara. Tapi jika di tanya dimana google didirikan pertamakali? Maka, jawabannya di California Amerika.

Tinggalkan komentar