Diorama Gundam! Hobi Menyenangkan untuk Ditekuni Orang Dewasa

Hobi adalah suatu kegiatan yang ditekuni seseorang karena alasan senang. Hobi ada berbagai macam jenis. Bisa berupa kegemaran mengoleksi sesuatu atau bisa juga dalam bentuk sebuah kegiatan.

Hobi dalam bentuk kegiatan bisa berupa pecinta alam, fotografi, bersepeda dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk penggemar suatu barang biasanya di salurkan melalui koleksi.

Berbicara tentang koleksi, ada banyak sekali macam barang yang dikoleksi oleh para pehobinya. Salah hobi koleksi yang cukup mengasyikkan adalah koleksi gunpla atau gundam plastik.

Gundam? Bukankah itu karakter robot dalam film animasi Jepang? Ya benar gundam adalah karakter robot yang sangat terkenal. Mungkin kamu beranggapan bahwa bermain robot seperti anak kecil saja.

Anggapan itu akan sirna setelah kamu melihat lebih jauh seperti para hobi koleksi gundam ini. Selain harganya yang terhitung tidak murah juga tingkat kesulitan dalam merakitnya tidak bisa dianggap remeh.

Beberapa pehobi tidak hanya mengoleksi saja namun juga melakukan perombakan atau customize pada unit gundam yang mereka miliki. Mereka juga seringkali membuat diorama.

Berikut adalah beberapa diorama gundam yang dibuat oleh beberapa kolektor gundam dari seluruh dunia. Kita lihat seberapa benar anggapan bermain gundam ini hanya untuk anak kecil.

RX 78-2 Open Hatch

gundamkitscollection.com

Diorama ini diunggah pada website gundamkitscollection oleh seorang dengan akun bernama Jōkei-shi arākī. Gundam miliknya dengan model RX 78 dia buat menjadi diorama.

Pada diorama ini menggambarkan suasana ketika membuka palka kemudi dan proses perakitan dari robot ini. Detail warna yang sangat mengagumkan dan dilengkapi dengan staf teknisi yang sedang bekerja.

UCHG Zaku Bust

gundamkitscollection.com

Terlihat seorang komandan pasukan sekaligus pengemudi unit Zaku tersebut sedang mengawasi para mekanik yang bekerja. Sang kapten menunggu unitnya untuk siap dipakai berperang.

Diorama ini tidak menggunakan sebuah unit gundam utuh, namun hanya unit kepala dengan skala 1/35. Pembuat diorama ini adalah plamolog, karyanya diunggah dalam website gundamkitscollection.

RX-79 Ground Type Gundam Revenge

gundamkitscollection.com

Diorama yang berisikan 4 unit gundam ini sangat mengesankan. Singkat satu unit berwarna putih ditarik oleh unit yang bersembunyi dibelakan gedung. Kemudian dua robot lain berusaha menusuk gundam putih tersebut.

Lengkap dengan detail warna dan mobil mobil. Suasana perkotaan yang hancur karena pertempuran. Dibuat oleh seorang modeller bernama coralblue76. Dapat kamu lihat galeri lengkapnya di web gundamkitscollection.

Gundam Ground Type Operation Odessa Counter Attack

gundamkitscollection.com

Seorang modeler bernama mannen alias hide94373 membuat sebuah diorama tentang rencana operasi penyerangan. Operasi penyerangan dengan menyiagakan 2 unit gundam ground type.

2 unit robot ini disiagakan untuk mengatasi jika sewaktu waktu ada serangan musuh. Lengkap dengan misil besar yang siap diluncurkan. Pewarnaan yang sangat bagus menambah nilai plus diorama ini.

Gundam Barbatos VS Graze

gundamkitscollection.com

Dalam diorama ini menggambarkan suasana ketika barbatos berduel dengan unit Graze. Dalam serial Kidou Senshi Gundam Tekketsu no Orphan diceritakan barbatos berhasil mengalahkan Graze dan membunuh drivernya.

Lihat saja betapa detailnya penggambaran ketika lengan graze itu diputus oleh barbatos. Diorama ini dibuat oleh seorang modeler dengan akun yuyatang.

Gouf Unit Helping Zaku Desert Type

gundamkitscollection.com

Unit zaku berwarna coklat terlihat rusak parah. Pada bagian lengannya terdapat bekas seperti meleleh. Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh saber beam atau beam laser yang bisa melelehkan armor robot.

Unit Gouf yang berwarna biru mencoba menolong zaku dan menyingkirkan dari area tembakan lawan. Full galeri ini bisa dilihat di web gundamkitscollection.

Gundam Heavyarms EW

gundamkitscollection.com

Unit gundam heavyarms ini dilengkapi dengan banyak senjata senapan. Baik yang menggunakan peluru maupun misil. Kondisi gundam ini terlihat sangat kotor dan tertutup salju tipis.

Tampak beristirahat dengan dengan tenang setelah melakukan pertempuran hebat dengan musuhnya.

AMS-129 Geara Zulu

gundamkitscollection.com

2 unit Geara Zulu yang sedang mengintai dalam semak semak. Mereka sedang mengincar target. Salah satu unit merupakan unit sniper dan yang satunya menjaga bagian belakang sniper.

Dibuat oleh intermezzo0224 alias satoshi honjo. Menampilkan detil hutan yang sangat natural dengan rimbunny pohon. Pemilihan unit pengintai yang bisa berbaur dengan warna hutan. Sungguh sangat bagus diorama ini.

Bagaimana? Masihkah kamu berpikir bahwa mengoleksi gundam hanya dilakukan anak kecil? Justru ini adalah hobi untuk orang dewasa. Untuk harga unit gundam sendiri beragam antara 100 ribu – 5 juta rupiah.

 

Tinggalkan komentar