Pengertian Dna, Penjelasan Kromosom dan Gen Pada Mahluk Hidup

Dna Adalah – Pengertian dna adalah sebuah asam nukleat yang fungsinya menyimpan berbagai informasi biologis yang mempunyai keunikan berbeda dari setiap mahluk hidup.

Dna mempunyai struktur kimia yang unik yang terdiri dari makromolekul kompleks yang dibagi ke dalam 3 bagian. Gula pentosa, basa nitrogen, dan asam fosfat. Ke-3nya merupakan molekul yang membentuk unsur makromolekul kompleks.

Pengertian DNA

wallpapercave.com

Dna adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid yang dalam tata bahasa Indonesia umum disebut asam deoksiribonukleat. Jika dilihat dari struktur bahasanya deoxyribo berarti gula yang telah kehilangan atom oksigennya.

Sementara itu, nucleid acid (asam nukleat) merupakan molekul yang mempunyai informasi genetik yang terkandung di dalamnya. Unsur-unsur dna pada tubuh manusia tersusun dalam berbagai paket yang dinamakan kromosom.

Pada setiap manusia terdapat 23 pasang kromosom. Salah satu dari 23 kromosom yang ada pada manusia adalah kromosom seks. Kromosom seks ini berbeda pada laki-laki dan perempuan.

Jumlah kromosom seks pada perempuan terdiri dari 2 kromosom X, sedangkan laki-laki mempunyai masing masing 1 kromosom X dan 1 kromosom Y. Selain berbeda pada setiap jenis kelamin manusia, jumlah kromosom juga mempunyai perbedaan pada setiap organisme.

Kromosom Manusia dan Mahluk Hidup

perbedaan dna dan rna
via: www.iran-daily.com

Sebagai ingatan lagi, bahwa kromosom ini terdapat pada setiap mahluk hidup (bukan hanya manusia). Mahluk hidup yang dimaksud adalah manusia, binatang, dan juga tumbuhan.

Contoh jumlah kromosom pada mahluk hidup adalah lalat mempunyai 4 pasang kromosom, pisang 11 pasang kromosom, dan simpanse dengan jumlah kromosom 24 pasang. Manusia sendiri mempunyai 23 pasang kromosom.

Jumlah kromosom yang tertera di atas adalah salah satu alasan adanya teori Darwin yang menyebutkan bahwa simpanse merupakan nenek moyangnya manusia. Akan tetapi, pada zaman modern ini kita sadar bahwa teori itu salah.

Salah satu alasan Darwin menyebutkan simpanse merupakan nenek moyangnya manusia adalah karena jumlah kromosomnya yang hampir sama. Manusia memiliki jumlah kromosom sebanyak 23 pasang, sedangkan simpanse mempunyai jumlah 24 pasang kromosom.

Kromosom mempunyai sifat yang tersusun dalam segmen pendek dna yang dinamakan gen. Jika diambil contoh, dna dapat diibaratkan buku resep yang mempunyai kumpulan resep yang komplit. Sedangkan gen merupakan setiap resepnya.

Setiap manusia pada umumnya mempunyai 25.000 gen. kumpulan gen tersebut menentukan struktur manusia mulai dari warna kulit, mata, rambut, dan unsur-unsur jasmani lainnya.

Tinggalkan komentar