Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Beserta Keutamaannya yang Sangat Dahsyat !

Membaca doa sebelum melakukan apapun merupakan salah satu ungkapan rasa syukur kita kepada Allah swt atas apa yang telah diberi-Nya. Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai doa sebelum dan sesudah makan. Karena makan adalah salah satu aktifitas yang paling sering kita lakukan.

Dan alangkah baiknya jika sebelum dan sesudah makan kita selalu berdoa kepada Allah swt. Agar makanan yang kita makan menjadi keberkahan tersendiri untuk kita. Selain sebagai rasa syukur kepada Allah swt, ada beberapa keutamaan ketika kita membaca doa sebelum dan sesudah makan. Apa sajakah keutamaan-keutamaannya ?

Sebelum kita mengethai apa saja keutamaannya, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami bacaannya dan artinya. Hal ini bertujuan agar kita lebih khusyuk ketika membacanya.

doa sebelum makan

doa sesudah makan

Setelah kita memahami bacaan dan artinya, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai keutamaan membaca doa sebelum dan sesudah makan :

Sunnah Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Doa Makan
media.ihram.asia

Seperti yang telah diriwayatkan oleh ‘Aisyah rodhiyallahu’anha dari Rasulullah saw, beliau pernah bersabda :

Jika salah satu diantara kalian hendak makan atau minum, maka sebutlah nama Allah saat sebelum mulai makan. Namun jika lupa, maka kalian dapat mengucapkan basmalah saat awal atau akhir makan dan minum.”

Nah, selain hadist di atas, ada satu lagi hadist yang menjadi seruan kita untuk selalu membaca doa sebelum makan dan minum, hadist ini diriwayatkan oleh Abu Hurairoh rodhiyallahu’anhu yang mengatakan bawah Rasulullah saw ketika hendakan minum, beliau akan melakukan 3 nafas yang berbeda, jika gelas minumannya di dekatkan di bibirnya, maka beliau akan mengucapkan nama Allah swt. Setelah itu selesai, beliau juga bertahmid dengan memuji Allah swt.

Menambah Keberkahan

Bacaan Doa Makan
media.ihram.asia

Membaca doa ketika hendak makan dan minum merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah sebuah kewajiban dan akan berdosa bagi yang meninggalkannya. Ibnu Qoyyim berkata “Yang benar adalah wajib membaca “bismillah” ketika hendak makan. Dan hadist-hadist yang memerintahkan demikian adalah shohih dan shorih. Dan tidak ada yang menyelisihinya dan mengeluarkan dari maknanya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaiton dalam makanan dan minumnya.”

Imam Ahmad berkata “Jika dalam satu makanan terkumpul empat hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna. Empat hal tersebut adalah menyebut nama Allah saat memulai makan, memuji Allah di akhir makan, banyaknya orang yang turut makan dan berasal dari sumber yang halal.”

Menjaga Kesehatan Tubuh

Arti Doa Makan
media.ihram.asia

Dalam sebuah penelitian di Negeri Sakura, Jepang. Dr. Masaru Emoto melakukan sebuah penelitian mengenai manfaat doa sebelum makan dan minum. Sekarang hasil penelitian tersebut sudah bisa dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah dengan judul “The Hidden Message in Water”. Di dalam buku tersebut menjelaskan bahwa setiap makanan dan minuman yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami perubahan molekul secara signifikan. Nan susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bahkan beliau juga mengatakan bahwa makanan dan minuman yang baik adalah makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa. Selain untuk meningkatkan kesehatan manusia, makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa dalam mempengaruhi perilaku orang agar menjadi lebih baik pula.

Itulah beberapa keutamaan berdoa sebelum dan sesudah makan. Jika kamu belum melakukannya, maka lakukanlah sekarang dan seterusnya. Karena hal kecil ini pengaruhnya sangat besar untuk kehidupan kita. Seperti yang kita ketahui bersama, makanan juga bisa mempengaruhi perilaku kita. Jika makanan yang kita makan adalah makanan haram, maka tidak menutup kemungkinan perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi buruk. Dan sebaliknya, jika makanan yang kita makan adalah makanan halal maka perilaku dalam kehidupan sehari-hari kita akan baik.

Tinggalkan komentar