Doa Masuk Kamar mandi dan Adabnya yang Harus Dilakukan

Doa Masuk Kamar Mandi dan Adabnya – Islam adalah agama yang sempurna. Tidak pernah terpisahkan dari sistem kehidupan kita. Bahkan Islamlah sistem itu sendiri. Jadi, bila kemudian ada orang-orang yang berkata bahwa “Jangan bawa-bawa Islam dalam hal ini!” maka itulah bibit sekulerisme.

Islam itu mengatur dari hal remeh temeh seperti mengurus kuku, sampai hal besar seperti mengurus Negara. Maka jangan pernah sekali-kali memisahkan Islam dari kehidupan ini.

Termasuk ketika kita ke kamar mandi. Ada doa dan adab-adab yang harus seorang mukmin, bila ingin mendapatkan ridha Allah ketika berkegiatan di kamar mandi tersebut. Entah itu mandi, buang air, mencuci baju, dll.

Doa Masuk Kamar Mandi

doa nabi musa
orirabowo.wordpress.com

Berikut adalah doa masuk kamar mandi yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

(arab)

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Yang artinya: Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Niatkan ketika kamu berdoa, berdoa karena Allah agar tujuan dari pelafalan doa tadi tercapai, yaitu terlindungi dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.

Adab Masuk Kamar Mandi

Doa mandi junub

Menghafal doa masuk kamar mandi saja tidak cukup, ada adab-adab yang mesti ditaat oleh seorang muslim. Berikut adalah adab-adab ketika di kamar mandi.

  1. Membaca Doa

Dalam Shahih Bukhari Muslim dari Anas Radhiyallahu Anhu’bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’disaat memasuki kamar mandi (WC), maka beliau mengucapkan doa berikut :

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits

“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya” (Muttafaqun ‘alaih).

  1. Menggunakan alas kaki (sangat dianjurkan)

Kenapa sangat dianjurkan? Karena dikhawatirkan ada cipratan air kencing yang tercampur dengan genangan air saat berada di kamar mandi, lalu terbawa ke luar yang artinya … ada najis di air itu. Wallahu a’lam.

  1. Memakai tutup kepala saat hendak mandi agar setan tidak mengotori dengan najis.
  2. Tidak berbicara saat di dalam kamar mandi

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ bersabda,

”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”

  1. Disunnahkan berdehem sebanyak tiga kali pas selesai buang air kecil, supaya semua kotoran keluar
  2. Tidak membelakangi atau menghadap kiblat saat Buang air kecil dan buang air besar

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ Bersabda “Bila kamu mendatangi tempat buang air, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya.“ (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Dilarang menjawab salam ketika berada di kamar mandi.

Beri saya isyarat bahwa kamu sedang berada di kamar mandi. Asal tidak pakai salam.

  1. Dilarang membaca ataupun membawa lafadz Allah swt. dan Nabi Muhammad saw.

Juga secara umum, ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits nabi. Berhati-hatilah apabila anda memiliki hp yang di dalamnya ada aplikasi Al-Qurannya.

  1. Dilarang mandi berduaan di dalam kamar mandi, kecuali suami istri
  2. Harap hati-hati dengan cipratan najis

Rasulullah saw pernah bersabda:“Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hati ketika beristinja”.

  1. Dilarang makan dan minum ketika berada di dalam kamar mandi
  2. Kamar mandi memakai penghalang / tabir penutup supaya tidak terlihat orang lain

Rasulullah saw bersabda: “Bila kamu buang air hendaklah beristitar (menutup tabi). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah)

  1. Mendahulukan kaki kanan ketika keluar kamar mandi
  2. Membaca doa setelah keluar kamar mandi

Hadits Shahih dalam kitab Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi,’Bahwa Rasulullah saw mengucapkan doa berikut ini saat beliau keluar dari kamar mandi:

“Ghufraanaka”

“Ya Allah”..Aku memohon Pengampunan-MU.”

Sahabat Ummi, sekarang sudah tahu ya apa saja adab-adab masuk kamar mandi dan ketika berada dalam kamar mandi. Mari membiasakan diri kita dan anak-anak dengan adab-adab yang baik ini dan tentu saja sesuai dengan sunah Rasulullah saw. Agar semua aktivitas kita bernilai ibadah di hadapan Allah swt. Aamiin…

Tinggalkan komentar