Doa Naik Kendaraan Laut, Darat, dan Udara Sesuai Ajaran Islam

Doa Naik Kendaraan – Nabi Muhammad saw telah mengajarkan kepada umatnya berbagai macam ilmu kebaikan serta selalu mengajarkan agar senantiasa berdoa kepada Allah swt.

Salah satu bentuk doa yang diajarkan Nabi Muhammad saw ialah doa ketika kita naik kendaraan saat melakukan perjalanan. Hal ini dilakukan dengan tujuan kita meminta perlindungan dan penjagaan dari Allah swt selama perjalanan.

pixabay.com

Dalam beberapa hadits yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw, beliau selalu membaca doa berikut ketika melakukan perjalanan dan ketika sudah menaiki kendaraannya.

Berikut ini adalah doa ketika naik kendaraan baik darat seperti motor atau mobil, udara seperti pesawat terbang bahkan laut misalnya kapal.

Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut

Doa di bawah ini berdasarkan dalil dari hadits shahih dalam riwayat Imam Muslim: 2392, Ibnu Huzaimah: 2340, dan yang lain menyatakan bahwa bacaan doa tersebut dibaca Rasulullah saw saat beliau dalam perjalanan dan telah berada di atas kendaraan.

أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأََهْلِ

ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR. SUBHANALLADZII SAKHKHARA LANAA HADZAA WA MAA KUNNAA LAHU MUQRININA WA INNAA ILAA RABBANAA LAMUNQOLIBUNA. ALLAHUMMA INNAA NAS ALUKA FII SAFARINAA HADZAAL BIRRA WATTAQWA WA MINAL ‘AMALI MAA TARDHAA. ALLAHUMMA HAWWIN ‘ALAINAA SAFARANAA HADZAA WATHWI ‘ANNAA BU’DAHU. ALLAHUMMA ANTASHAAHIBU FISSAFARI WAL KHALIFATU FIL AHLI. ALLAHUMMA INNII A’UDZUBIKA MIN WA’TSAAISSAFARI WA KAABBATIL MUNZHORI WA SUUIL MUNQOLABI FIIL MAALI WAL AHLI.

Doa Naik Kendaraan Darat

pixabay.com

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya :
“Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa Naik Kendaraan Laut dan Udara

pixabay.com

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.”

Keterangan:
Bacaan doa naik kendaraan di atas bersumber dari Al-Qur’an, surat Huud ayat 41. Pada zaman Rasulullah saw, doa ini hanya dibaca ketika menaiki kendaraan laut.

Namun, setelah ada pesawat terbang doa ini juga bisa dibaca ketika menaiki pesawat terbang. Jadi, doa naik kendaraan laut dan udara bacaannya sama.

Sebelum membaca doa tersebut di atas, ada baiknya kita mengawalinya dengan membaca Basmalah terlebih dahulu dan membaca doa tersebut secara khusyu.

Jika Anda sulit belum hafal doa di atas bisa mengganti doa tersebut dengan membaca surat Al-Fatihah dan surah Al-Falaq.

Membaca surah Al-Fatihah bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt sebab surat ini berisikan kumpulan dari beberapa ayat yang terdapat di bagian lain dalam Al-Qur’an.

Sementara itu, surah Al-Falaq bertujuan untuk kita meminta perlindungan kepada Allah swt dari berbagai macam gangguan yang mungkin saja dilakukan seta, jin, atau bahkan manusia lain yang berniat jahat.

Adab Naik Kendaraan dalam Islam

pixabay.com

Selain membaca doa naik kendaraan, Nabi Muhammad saw juga memberikan teladan mengenai adab saat naik kendaraan untuk seorang Muslim. Berikut adab berkendara tersebut:

  1. Berniat dan bertujuan untuk berkendara yang baik.
  2. Terus berzikir dan mengingat Allah selama perjalanan.
  3. Memilih jenis kendaraan yang pas dan memastikan kondisi kendaraan benar-benar bagus dan layak dipakai.
  4. Taat pada aturan yang berlaku pada tempat yang akan kita lalui.
  5. Berzikir ketika melewati jalan yang mendaki dan menurun.

Demikian pembahasan mengenai bacaan doa naik kendaraan baik darat, laut, dan udara. Sudah seharusnya kita selaku Muslim sejati menghafalkan dan mengamalkan doa ini sebagai bukti ketakwaan kita kepada-Nya.

Tinggalkan komentar