Tuntunan dan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa Sebelum Tidur – Tidur merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk hidup. Ia merupakan kebutuhan pokok bagi manusia layaknya makan, minum dan bernafas. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu pentingnya tidur, sehingga sering kita dapati dari mereka membuang-buang waktu hanya untuk melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Agama Islam mempunyai sejumlah tata cara dan aturan sebelum seseorang beranjak ke tempat tidur. Tata cara dan aturan ini bertujuan nantinya agar kita terhindar dari segala macam gangguan dan godaan, baik itu dari segi spiritual, seperti godaan setan, atau dari segi kesehatan, seperti badan tidak fresh ketika bangun dari tidur.

Semua godaan dan gangguan tadi mempunyai penangkalnya dalam islam sesuai yang Rasulullah ajarkan, kali ini akan kita bahas lebih mendalam tentang doa tidur dan segala macam hal yang harus diperhatikan sebelum tidur, semoga bermanfaat.

Sunnah Nabi Sebelum Tidur

1. Berwudhu sebelum tidur

Rasulullah SAW mengajarkan pada kita melalui haditsnya melakukan wudhu seperti wudhunya sholat ketika akan tidur. Ada maksud tersendiri dari berwudhu ini, dalam suatu hadist, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa seorang muslim itu semua urusannya adalah baik. Nah, kenapa semua urusan muslim itu baik? Salah satu alasannya adalah karena semua urusannya itu di niatkan untuk beribadah.

Begitu juga dengan perkara tidur ini, seorang muslim hendaknya meniatkan tidur itu sebagai ibadah dengan melakukan wudhu dahulu sebelumnya. Sebelum tidur kita bisa meniatkan beribadah kepada Allah agar cepat bangun dan lebih semangat dalam beribadah esok harinya. Hal kecil seperti ini bila dibiasakan akan menjadi habit yang bagus bagi kehidupan pribadi kita sebagai muslim nantinya.

Ada sebuah riwayat dari Imam Bukhari dan Muslim, dari Al Barra bin Azib, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Jika engkau hendak menuju pembaringanmu (tempat tidurmu), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaring lah di rusuk mu sebelah kanan lalu ucapkanlah doa:” Ya Allah sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku hanya kepada-Mu, kuhadapkan wajahku kepada-Mu, kuserahkan segala urusanku hanya kepada-Mu, kusandarkan punggungku kepada-Mu semata, dengan harap dan cemas kepada-Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus” dan hendaklah engkau jadikan doa tadi sebagai penutup dari pembicaranmu malam itu. Maka jika engkau meninggal pada malam itu niscaya engkau meninggal di atas fitrah”

2. Bebaring di Atas Rusuk Sebelah Kanan

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda “Berbaringlah diatas rusuk sebelah kanan mu.” Dalam riwayat yang lain Rasulullah SAW juga bersabda “Rasulullah SAW apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi.

Setelah diteliti lebih dalam, ternyata tidur yang Rasulullah SAW contohkan ini mempunyai manfaat secara medis. Manfaat tidur diatas rusuk sebelah kanan adalah mempermudah dan mengistirahatkan kerja lambung kita. Maka efek yang dirasakan tubuh ketika bangun tidur adalah segar dan bugar. Inilah kiranya, mengapa kita harus tidur dengan posisi rusuk di sebelah kanan.

3. Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Tuntunan membaca ayat kursi sebelum tidur ini Rasulullah SAW contohkan agar kita terhindar dari segala macam godaan setan dari awal kita tidur hingga bangun kembali. Maka, setelah kita berwudhu, kemudian memposisikan diri dengan rusuk kanan disebelah bawah, kita membaca ayat kursi ini sebelum membaca doa tidur. Ketika membaca ayat kursi ini, kita juga dianjurkan membaca tiga surat terakhir dalam Al-Quran, yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.

Fungsi tiga surat akhir ini juga sama dengan ayat kursi tadi, yaitu melindungi kita dari gangguan dan godaan setan yang terkutuk. Semoga tidur kita menjadi tidur yang Allah nilai sebagai ibadah. Amiin

4. Tidur Sesegera Mungkin Setelah Sholat Isya’

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang menyiratkan maksud agar tidur sesegera mungkin setelah isya’. Hadist itu berbunyi: “Rasulullah SAW membenci tidur malam sebelum (Shalat Isya’) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.”

Dari hadist diatas secara tidak langsung menyiratkan akan anjuran tidak tidur terlalu malam. Tujuan dari anjuran ini tentu agar kita lebih mudah bangun untuk melaksanakan shalat malam dan melaksanakan shalat subuh tepat pada waktunya. Semoga kita diberi kemudahan untuk bangun lebih awal.

Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan kualitas tidurmu, jangan sampai kamu mengalami banyak tidur akan tetapi badanmu masih terasa lemas dan mengantuk karena kualitas tidurmu tidak bagus, bahkan sering bermimpi buruk.

Doa Mau Tidur

doa mau tidur
http://wahdah.or.id/

Ada dua buah doa yang dapat kita amalkan sebelum kita tidur, yaitu doa yang panjang dan doa yang pendek.

Doa ini dua-duanya shohih, oleh karena itu, kamu dapat membaca doa mau tidur yang mana saja; yang panjang atau pendek. Akan tetapi jika dilihat dari artinya, maka doa yang panjang itu lebih baik.

Doa mau tidur yang panjang:

Do’a Sebelum Tidur

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

Allohumma aslamtu nafsii ilaika, wa fawwadhtu amrii ilaika, wa wajjahtu wajhiy ilaika, wa alja’tu zhohrii ilaika, roghbatan wa rohbatan ilaika, laa malja’a wa laa manja’a min ka illa ilaika, aamanta bikitaabikal ladzii anzalta wa nabiyyikal ladzii arsalta.

Artinya:

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku ke-pada-Mu. Karena mengharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada Kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.”

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila engkau mati pada malam itu, maka engkau mati di atas fitrah (Islam). Dan jadikanlah kalimat (dzikir) itu sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan.” (HR. Al-Bukhari no. 247, 6311, 6313, 6315 dan 7488, Muslim no. 2710, Abu Dawud no. 5046, at-Tirmidzi no. 3394, dan Ahmad IV/290).

Doa sebelum tidur yang pendek:

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

BismikaAllahumma ahya wa amuut(u).

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan (dengan nama-Mu pula) aku mati.”

Doa ini shohih berdasarkan hadits Nabi SAW yang diambil dari kitab Riyadhus-Shalihin:

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ :  بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya:

Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata, “Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca: bismikaAllahumma ahya wa amuutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca: alhamdulillahil ladzii ahyaana ba’da maa amaatanaa wa ilaihin-nusyuur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (HR Bukhari)

Tidur dalam do’a di atas disebut dengan kematian, kerana memang tidur adalah saudara kandung dari kematian. Sebagaimana yang termaktub di dalam firman Allah ‘Azza wa Jalla:

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya : “Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (Al-An’am ayat 60)

Ibnu Katsir (rahimahullah) di dalam tafsirnya mengatakan, “Allah SWT mengabarkan bahwa Dia mematikan hamba-hamba-Nya dalam tidur mereka di waktu malam.”

Allah SWT berfirman:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الأنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الأخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى

Artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan.”

(Az-Zumar ayat 42)

Bangun tidur adalah hal yang tidak mudah bagi semua orang, mungkin bagi orang yang sudah terbiasa cepat bangun akan dengan mudah. namun bagi sebagian rang yang belum terbiasa mungkin akan mengalami kesulitan untuk bangun sesuai yang diinginkan.

Hal seperti bangun pagi akan menjadi cobaan yang berat dalam kehidupan bagi seseorang, apalagi ketika ada perjanjian yang sangat penting pasti akan bermasalah jika tidak bisa bangun tepat waktu. Hingga seseorang tidak menepat janjinya dengan alasan telat bangun.

Seseorang harus melawan rasa kantuk yang begitu berat untuk awal-awalnya supaya bisa membuka mata. kadang juga Anda tidak rela karena rasanya mata merasa baru terpejam sekejap saja.kasur yang empuk memeang tepat paling nyaman di dunia yang membuat Anda enggan untuk beranjak darinya.

Perjuangan untuk bangun pagi memang tidak mudah. Belum lagi ketika baru bangun Anda harus menghadapi rasa malas yang sangat luar biasa. mka dari itu Anda harus mulai membiasakan untuk meudah bangun. Nah, simak penjelasan berikut ini agar Anda bisa bangun dan tidak sampai telat bangun lagi.

Hal Yang Bisa Dilakukan Supaya Mudah Bangun

cara agar bisa bangun pagi
http://www.adibkhoirul.perjalanankita.com/

Niat

Dengan niat yang tulus dan tekat yang kuat akan membuat Anda mudah bangun, karena Anda akan terus terpikirkan untuk persiapan bangun pagi. dan usahakan dengan tekad untuk melakukan kebaikan seperti untuk ibadah misalnya.

Karena niat kebaikan Anda begitu besar, Allah swt pasti akan membantu anda untuk bisa cepat bangun bahkan tepat atau sebelum jam yang Anda inignkan untuk bangun.Nah, ingat pertama harus mempunyai modal dengan niat yang kuat, kekuatan anda untuk mudah bangun tergantung dengan kekuatan niat anda, ketulusan dan tujuan Anda untuk cepat bangun.

Doa

Dengan modal niat saja tidak cukup untuk bisa mudah bangun, karena walaupun sebesar apapun niat kita tetapi kalau Allah swt tidak mengijinkan pasti Anda tidak akan bisa bangun dengan tepat.Maka selain niat yang kuat, Kita harus berdoa kepada Allah swt dengan harapan bisa bisa diudahkan untuk mudah bangun. Karena ini yang sangat penting yang biasanya sering ditinggalkan.

Usaha Yang Harus Dilakukan Agar Mudah Bangun

Kemudian, sesudah berniat dan berdoa kita harus berusaha, karena pepatah mengatakan “berdoa tanpa usaha adalah bohong, dan sebaliknya berusaha tanpa doa adalah sombong” Dari pepatah di atas, bisa kita mengambil kesimpulan selain kita berdoa kita harus berusaha agar hasil yang kita dapatkan akan maksimal. Selanjutnya usaha yang bisa kita lakukan diantaranya:

Usaha pertama yang bisa kita lakukan dan yang paling mudah adalah dengan memasang alarmsesuai dengan keinginan kita bangun. Dengan adanya alrm kita bisa bangun ketepat waktu ketika alrm sudah berbunyi.

Selain itu, kita juga harus memberikan hak tubuh untuk beristirahat, karena dengan istirahat yang cukup akan membuat kita mudah untuk bangun. karena tubuh yang capek juga membuat malas untuk bangun.

Kemudian berwudhu sebelum tidur adalah salah satu usaha yang sangat dianjurkan, karena apabila tubuh dalam keadaan suci akan dijaga oleh melaikat dai gangguan setan yang membuat kita ,malas untuk bangun tidur. Nah, itulah tips dan trik agar mudah bangun semoga bisa mudah bangun dengan sedikit tips di atas.

Hal-hal yang tidak dianjurkan sebelum tidur

Sebelum kamu tidur, jangan lakukan 8 hal berikut ini agar kualitas tidurmu terjamin.

1. Olah raga

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
http://www.l-men.com/

Melakukan olahraga memang penting untuk mendapatkan tubuh yang fit. Namun perlu diperhatikan dan dicatat bahwa, berolahraga tiga jam sebelum tidur karena akan meningkatkan temperatur tubuh yang berakibat tidur sulit terlelap. Jadi lebih baik berolahraga pada pagi hari atau sore hari sekitar jam 4.

2.Menonton Televisi atau berinternet

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
http://berita-sulsel.com/

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa nonton televisi atau berelancar internet akan membuat mata tetap terjaga. Sinar terang dan berkedip yang dihasilkan dari dua perkakas tersebut akan sangat mengganggu mata dan menghambat pembentukan hormon melatonin, di mana hormon ini berfungsi sebagai zat agar orang tertidur. Lebih baik mematikan semua peralatan elektronik seperti handphone, laptop, pc dan lain-lain.

3. Mandi atau berendam air hangat

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
ivanprakasa.com

Mandi dengan air hangat memang bisa meredakan ketegangan pada otot-otot. Namun jika dilakukan sesaat menjelang tidur, efeknaya akan membuat mata kita sulit mengantuk. Mandilah beberapa jam sebelum tidur kemudian beri tubuh untuk mendinginkan suhu tubuhnya sendiri.

4.Terlalu banyak minum kopi

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
http://obatgondokalami.com/

Air putih saja bisa menyebabkan kita sulit terlelap, apalagi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Menurut peneltian yang dilakukan oleh Michigan’s Henry Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center and Wayne State College di Medicine membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein enam jam sebelum tidur akan mengkibatkan kualitas tidurn kita berkurang.

5. Melakukan pekerjaan berat

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
http://sukarto.com/

Jangan melakukan pekerjaan yang menguras otak dan tenaga menjelang tidur. Seperti pekerjaan kantor dan pekerjaan sekolah. Yakinlah semua pekerjaan bisa dilakukan esok hari daripada memaksakan diri meyelesaikan pekerjaan pada malam hari. Karena cara itu hanya akan membuat otak menjadi stress dan capek, yang berakibat pada kualitas tidur kita.

6. Membaca cerita yang menarik

janagn lakukan hal ini sebelum tidur
http://cinikironk.blogspot.co.id/

Ini sering sekali terjadi, saking asyiknya kita membaca sampai-sampai kita tidak sadar jam sudah menunjukan jam 04.00. Kalau meau mebaca lebih baik pilih tema yang membosankan.

7. Duduk di bawah lampu yang menyala

Sinar cahaya lampu putih bisa menekan tingkat melatonin hingga 50%. Tentu ini sangat tidak baik ketiak dilakukan menjelang tidur. Sebisa ungkin setengah jam sebelum tidur, kita duduk di ruangan yang redup.

8. Membicarakan hal penting dengan pasangan

hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur
kelascinta.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidak baik tidur dalam keadaan marah, karena hal ini dapat menyebabkan terganggunya kondisi emosi anda ketika bangun tidur nanti. Selain itu tidur dalam kondisi masih ada masalah bisa menyebabkan lebih sulit untuk masuk dalam fase tidur terdalam,

Tinggalkan komentar