Doa Shalat Dhuha dan Keutamaan-keutamaannya

DOA SHALAT DHUHA – Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Meskipun tergolong dalam shalat sunnah, namun shalat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan-keutamaan. Salah satunya, apabila mengerjakan shalat dhuha 4 rakaat maka akan dicukupkan rezekinya sampai sore hari.

Shalat dhuha hanya boleh dikerjakan di waktu pagi hari setelah matahari terbit. dan batas waktu shalat dhuha yaitu sebelum matahari atau bayangan suatu benda berada tepat dengan bendanya. Jadi, selama bayangan benda masih condong ke arah barat, waktu tersebut masih bisa digunakan untuk melaksanakan shalat dhuha.

Adapun waktu yang paling bagus untuk melaksnakan shalat dhuha adalah ketika matahari sudah memulai memanas. Hal ini sesuai dengan dalil dari ulama madzhab Syafi’i yang disampaikan oleh Imam An-Nawawi. Hal yang tidak kalah penting adalah doa setelah shalat dhuha. Apakah ada doa khusus untuk doa setelah shalat dhuha?

Doa Shalat Dhuha

Doa shalat dhuha
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Doa di atas adalah do’a shalat dhuha yang disertai artinya. Usahakan hafalkan doa ini dan baca setelah shalat dhuha, akan lebih bagus apabila dihafalkan dengan artinya. Supaya ketika berdoa, tidak hanya mulutnya saja yang berdoa, tapi tidak tahu artinya maka pikiran dan hati tidak akan merasakan betapa indahnya doa setelah shalat dhuha.

Adapun cara mengerjakan shalat dhuha yaitu sama dengan cara shalat fardhu yang 5 kali sehari. Surat yang dibaca boleh surat apa saja yang dihafal. Namun, jika hafal surat Asy-Syamsi bacakan pada rakaat pertama dan surat Ad-dhuha dibacakan pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah.

Keutamaan Shalat Dhuha

Keutamaan shalat dhuha
Sumber: slideshare.com

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang memiliki banyak keutamaan, oleh karena itu shalat sunnah dhuha sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Meskipun sangat dianjurkan, namun kedudukan shalat dhuha adalah shalat sunnah. Jadi, jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. Namun, jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan mendapatkan keutamaan-keutamaan shalat dhuha. Adapun beberapa keutamaan shalat dhuha yaitu:

  • Sebagai sedekah bagi seluruh kesendian.
  • Akan dicukupkan rezekinya.
  • Memperoleh pahala haji dan umrah secara sempurna.
  • Shalat dhuha merupakan shalat Awwabin/shalatnya orang yang kembali kepada ketaatan.

Jadi, pada intinya shalat dhuha merupakan shalat sunnah muakkad, yang artinya shalat sunnah yang dianjurkan. Oleh karena itu ada doa tersendiri pada shalat sunnah dhuha ini. Backan doa shalat dhuha tersebut pada setiap selesai mengerjakan shalat Dhuha. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar