in

Doa Shalat Istikharah Sesuai Sunnah, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Niat Shalat Istikharah
wajibbaca.com

DOA SHALAT ISTIKHARAH – Dalam menjalani hidup di dunia ini, sudah hal biasa manusia dihadapkan pada berbagai persoalan yang pelik. Saat menghadapi masalah dan menentukan pilihan dalam mengambil keputusan, kita harus berhati-hati.

Di antara berbagai macam cobaan yang sulit yang sering kita hadapi adalah tentang pilihan. Cobaan soal pilihan pekerjaan, jodoh, dan juga sampai memilih pemimpin. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pilihan yang kita ambil mengandung risiko.

Orang yang dapat memilih dengan tepat sungguh beruntunglah ia, karena akan menggiringnya kepada kebaikan. Namun bagaimana jika seseorang malah jatuh pada pilihan yang salah? Sudah jelas, ia akan merugi.

Anjuran Melaksanakan Shalat Istikharah

Islam adalah agama yang sempurna, bahkan dalam hal memilih kita diberikan cara agar bisa memilih dengan pilihan yang paling tepat dan tidak akan ada kekecewaan padanya di kemudian hari. Ketika dihadapkan pada pilihan, Islam menganjurkan kepada umatnya untuk melakukan shalat sunah istikharah.

Mengenai shalat istikharah ini, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian berniat melakukan suatu urusan, hendaklah dia shalat dua rakaat yang bukan wajib…”

Mengenai kapan waktu untuk mendirikan shalat istikharah ini, tidak ada ketentuannya. Berdasarkan hadis di atas, shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja asal bukan pada waktu yang diharamkan. Walaupun demikian, para ulama menganjurkan agar dilakukan ketika malam hari (waktu yang terbaik).

Tata cara dan urutan saat mendirikan shalat sunnah istikharah tidaklah berbeda dengan shalat sunnah yang lainnya, hanya saja berbeda pada niat dan bacaan doa setelah salam.

Dengan melakukan shalat istikharah, kita sepenuhnya menyerahkan urusan kita dan memohon bimbingan kepada Allah SWT, karena Dialah yang maha tahu atas kebutuhan kita. Jika pilihan yang kita pilih adalah yang terbaik, Dia akan memudahkan dan memberkahinya, namun jika hal itu malah buruk bagi kita, maka Allah SWT akan menghindarkannya dan memudahkan orang yang mendirikan shalat istikharah pada kebaikan.

Saat mendirikan shalat istikharah, kita harus mengikhlaskan niat mengharapkan ridha Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Doa Shalat Istikharah

Berikut adalah doa shalat istikharah:

Doa shalat istikharah
Doa shalat istikharah – rumaysho.com

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pergerakan Indonesia sampai proklamasi

Sejarah Pergerakan Kemerdekaan Indonesia Sampai Proklamasi yang Perlu Diketahui

Fauna Lingkungan Biotik Bioma Gurun

Bioma Gurun: Flora dan Fauna Lingkungan Biotiknya