Duduk yang Benar

Sebagian besar aktivitas sehari-hari manusia dilakukan dalam posisi duduk, terutama bagi pekerja kantoran. Untuk menjaga kesehatan tulang punggung sebaiknya Anda senantiasa duduk dalam posisi yang benar. Tulang punggung berperan dalam menjaga kestabilan tubuh. Inilah cara duduk yang benar.

Cara Duduk yang Benar

Duduk yang dimaksud di sini adalah duduk di kursi pada saat bekerja, bukan duduk santai ataupun duduk pada ‘table manner’.

1. Duduk tegak

Dikatakan tegak jika Anda duduk dalam kondisi punggung lurus, bahu ke belakang, paha menempel di dudukan kursi, dan pantat menyentuh bagian belakang kursi. Anda dapat meletakkan bantal untuk menyangga kelengkungan tulang punggung.

2. Jaga keseimbangan

Jaga keseibangan tubuh dengan memusatkan beban tubuh pada satu titik. Upayakan agar tidak membungkuk. Jika perlu, Anda dapat menarik kursi agar mendekati meja kerja sehingga posisi duduk tidak membungkuk.

3. Tentukan posisi duduk terbaik

Anda dapat menentukan posisi terbaik saat duduk dengan cara berikut. Pertama duduklah di ujung belakang kursi. Lalu membungkuklah dalam-dalam. Setelah itu angkat tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang sejauh mungkin ke depan. Kemudian kendurkan posisi tersebut ke belakang sekitar 10-20 derajat. Itulah posisi duduk terbaik.

4. Perhatikan pula posisi lutut

Posisi lutut mempunyai peranan penting. Untuk itu tekuklah lutut hingga sejajar dengan pinggul. Upayakan untuk tidak menyilangkan kaki.

5. Gunakan pengganjal kaki

Cara ini khusus bagi Anda yang bertubuh mungil. Jika Anda merasa dudukan kursi terlalu tinggi, penggunaan pengganjal kaki dapat menjadi solusi. Cara ini akan membantu menyalurkan beban dari tungkai.

6. Gunakan pijakan di bawah kaki

Jika terpaksa menulis tanpa meja kerja, gunakan pijakan di bawah kaki dengan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai. Namun, sebaiknya hal ini tidak dilakukan terlalu lama karena akan membuat tulang ekor menahan sebagian beban yang berasal dari paha.

7. Tidak terlalu lama duduk

Upayakan istirahat setiap 30-45 menit. Cukup dengan berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja. Hal ini akan mengembalikan kesegaran tubuh dan mempertahankan konsentrasi kerja.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar