Mungkinkah “Dunia” Tanpa Smartphone Ini Pernah Terjadi di Kehidupanmu?

Mulai dari kanak-kanak hingga lansia, teknologi canggih yang bernama smartphone sudah dimiliki dalam genggaman. Dengan kecanggihannya yang memang diperlukan di zaman digital ini, hampir semua aktivitas digantungkan pada penggunaan smartphone.

Ada tugas dan butuh jawaban, langsung saja ambil smartphone lalu googling. Bukan sekedar itu, saat mau pergi dan nggak ada kendaraan pun kamu bisa memanggil ojek atau taksi melalui ponsel pintarmu itu. Perkembangan zaman kini memang sudah maju dengan pesatnya.

Tapi, saat belum adanya smartphone di kehidupanmu yang lalu, mungkinkah kamu pernah melihat atau justru mengalami sendiri beberapa hal berikut ini?

 

Banyak Orang Membaca Koran

blognyalan.blogspot.com
blognyalan.blogspot.com

Sebelum adanya ponsel pintar yang memudahkan orang-orang untuk membuka portal berita dimana saja, koran adalah sumber informasi yang benar-benar mudah untuk digapai. Bahkan disetiap kamu melangkah, tak sedikit orang sedang merentangkan tangannya karena membaca koran, entah sambil duduk atau berdiri.

Beda dengan sekarang, bukan tangan yang direntangkan, melainkan kepala yang ditundukkan. Bisa jadi menundukkan kepala karena membaca berita melalui smartphone atau justru membuka facebook dan path.

Jeprat Jepret Pakai Kamera Film

lapakbarangantikku.blogspot.com
lapakbarangantikku.blogspot.com

Belum adanya smartphone, maka belum kenal pula dengan istilah selfie atau wefie, apalagi diciptakan tongkat narsis yang booming banget itu. Mau foto aja harus pasang roll film dulu ke dalam kamera. Udah gitu, hasil jepretannya nggak bisa dilihat lagi. Jadi sekali ambil gambar yasudah, nggak bisa dihapus juga kok.

Belum lagi pas mau cetak, kamu harus sabar untuk menanti. Butuh waktu beberapa hari supaya hasil jepretanmu jadi dan bisa langsung dimasukkan ke dalam album foto.

Masih Zamannya Mixtape Buat Dengerin Lagu Favorit

www.onyxtruth.com
www.onyxtruth.com

Nggak semudah sekarang untuk mendengarkan playlist dari lagu-lagu kesukaan. Waktu belum adanya ponsel pintar, mau mendengarkan musik favorit aja harus merekamnya dulu dan itu disebut dengan mixtape. Jadi, kalau seseorang punya mixtape, kamu bisa tau tuh selera musik dia seperti apa dan lagu-lagu kesukaannya apa saja.

Nggak Ada Acara Nonton Konser Sambil Ngerekam Penyanyinya

inikpop.com
inikpop.com

Nonton konser ya menikmati dan menghayati lagu serta penampilan artisnya, bukan malah sibuk ngerekam penyanyinya. Coba aja kamu lihat penonton konser masa kini, orang-orang yang nonton konser itu tangannya pasti sudah diangkat ke atas mulai dari awal sang artis naik ke atas panggung.

Mereka ramai-ramai merekam dan membuat video terbaik tapi tidak bisa menikmati lagu yang dibawakan dengan baik. Jadi nonton konser buat apa guys?.

Nongkrong dan Belajarnya di Perpustakaan

wedproject.blogspot.com
wedproject.blogspot.com

Zaman belum ada smartphone sama dengan zamannya anak-anak doyan banget buat belajar. Semenjak ada smartphone, zaman sepertinya sudah bergeser dan membuat anak-anak lebih senang untuk chatting, stalking dan nongkrong sama temen-temen.

Pas belum ada ponsel canggih, anak sekolahan di waktu istirahat dan pulang sekolah langsung menuju ke perpus buat nongkrong sambil bertukar ilmu. Kalau sekarang sepertinya bukan nongkrong yang berguna sih, tapi nongkrongnya nongkrong percuma.

Kalau Nyasar  Ya Tanya Orang

diaryofbloggers.blogspot.com
diaryofbloggers.blogspot.com

Perjalana ke tempat yang cukup jauh dan belum familiar buat kamu terasa begitu mendebarkan. Takut kesasar adalah alasan utamanya. Mau gimana lagi? Zaman itu belum ada google maps atau GPS, kalau emang kesasar di jalan ya kucinya cuma mau bertanya.

Mati Kutu Kalau Sedang Menunggu

rumametmet.com
rumametmet.com

Kalau ada smartphone di tangan, mau nuggu berapa lama juga nggak masalah. Karena bisa chatiingan, browsing, main game atau baca berita online. Tapi, sebelum ponsel canggih itu diciptakan, menunggu adalah saat yang begitu membosankan. Mau melakukan apa juga bingung, alhasil hanya duduk dan berdiam diri sambil cemberut saja.

Kamu Nggak Tahu Orang yang Sedang Dicari Ada Dimana

www.youtube.com
www.youtube.com

Lumayan ribet juga sih sebelum ada smartphone. Mau cari orang lain yang diajak ketemuan jadi susah juga. Kamu nggak tahu dia dimana dan dia juga sama, nggak tahu kamu ada dimana.

Tinggalkan komentar