Pengertian Ekosistem Beserta Komponen dan Contoh

Ekosistem adalah – Selamat datang di portal satujam, oke pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian ekosistem beserta komponen dan contohnya. Ekosistem termasuk dari bagian kehidupan ini.

Oke, langsung saja berikut ini adalah materinya tentang pengertian ekosistem adalah.

Pengertian Ekosistem

ekosistem adalah
via blogspot.com

Ekosistem adalah sebuah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya (contohnya tanah, udara, air dan yang lainnya).

Istilah ekosistem pertama kalinya diperkenalkan oleh pakar ekologi Inggris yang namanya Arthur Tansley, melalui penelitiannya berkaitan tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Adapun kata ekologi adalah orang yang belajar tentang sistem hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya maupun sebaliknya. Asal kata ekologi adalah dari literatur bahasa Yunani kuno “oikos” yang maksudnya adalah “tempat tinggal, habitat” serta “logos” yang artinya adalah “ilmu, pengetahuan”.

Sedangkan kebalikan dari kata ekosistem ialah ecocide yang artinya adalah kerusakan ekosistem pada suatu daerah atau wilayah, entah itu penyebabnya karena oleh pengaruh manusia ataupun dengan alami.

Beberapa contoh yang termasuk kasus ekosistem antara lain ialah relasi hewan dan keberadaan air serta elemen yang lainnya.

Pada umumnya, ekosistem mempunyai dua elemen penting yang saling erat berhubungan dan tidak dapat dipisahkan atau bisa diperjelas bahwa mereka merupakan satu kesatuan.

Tiap tiap elemen tersebut mempunyai peran serta bagian masing-masing pada suatu ekosistem.

KOMPONEN PEMBENTUK EKOSISTEM

ekosistem adalah
berkahkhair.com

Ditinjau berdasarkan fungsi dan aspek yang mendukung, secara garis besar komponen ekosistem bisa dikelompokkan menjadi 2, yakni :

A. KOMPONEN ABIOTIK

Komponen Abiotik adalah sebuah komponen utama dalam ekosistem yang berupa benda-benda mati atau non hayati, misalnya unsur hara, air, tanah, matahari, udara dan lain sebagainya.

B. KOMPONEN BIOTIK

Komponen biotik adalah sebuah komponen utama dalam ekosistem yang berupa makhluk hidup atau hayati, baik itu organisme maupun mikroorganisme.

Contoh dari komponen biotik adalah hewan, tanaman, bakteri, virus dan lain-lain.

Jika ditinjau dari segi fungsi dan fungsinya di alam, maka makhluk hidup dikelompokkan menjadi 2:

1) HETEROTROF ATAU KONSUMEN

Heterotrof merupakan asal dari bahasa Yunani (heteron: “lainnya” dan trophe : “nutrise”) yang pengertiannya adalah makhluk hidup yang menjadikan organisme yang lain untuk makanan.

Atau jika disederhanakan bisa berarti sebagai makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri.

Panggilan yang lain dari heterotof yaitu fagotrof, dan konsumen makro.

Adapun beberapa organisme yang termasuk dari komponen heterotof yaitu manusia, binatang, jamur dan mikroba.

2) PENGURAI ATAU DEKOMPOSER

Pengurai atau dekomposer adalah organisme hidup yang bisa melakukan penguraian senyawa senyawa organik yang asalnya dari organisme hidup lain yang sudah menjadi bangkai atau mati.

Bakteri dan jamur merupakan salah satu contoh Beberapa contoh dari komponen pengurai atau dekomposer diantaranya ialah bakteri dan jamur.

Demikianlah pengertian ekosistem beserta komponen dan contohnya, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar