Erosi Adalah? Temukan Jawabannya Di Sini

EROSI ADALAH mengkikisnya padatan (tanah, sedimen, batuan dan partikel lainnya) yang diakibatkan transportasi air, angin, es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain yang dipengaruhi oleh gravitasi, atau makhluk hidup seperti hewan yang membut liang, hal ini bisa disebut juga bio-erosi.

Erosi tidak sama dengan pelukan akibat cuaca, yaitu proses proses hancurnya mineral batuan akibat proses fisik atau kimiawai, atau juga karena gabungan keduannya.

Penyebab Erosi

penyebab erosi
thinklink.con

Terjadinya erosi sebenarnya mudah dikenali, akan tetapi kebanyakan kasus erosi yang terjadi, diperparah karena aktivitas manusia yang merusak lingkungan.

Beberapa aktifitas yang cukup merusak tata guna lahan seperti penggundulan hutan, perkebunan, perladangan, kegiatan pertambangan, kegiatan konstruksi atau pembangunan yang tidak ditata dengan baik dan pembangunan jalan.

 

Tanah yang digunakan para petani untuk menghasilkan tanaman pertanian biasanya mengalami erosi yang jauh lebih besar dari tanah dengan vegetasi aslinya.

Pengalihan fungsi hutan yang mulanya untuk menjaga struktur tanah menjadi ladang pertanian juga ikut andil dalam penyebab terjadinya erosi. Hal ini karena akan pohon-pohon hutan yang digunakan untuk mengikat tanah digantikan dengan akar tanaman pertanian yang tidak mampu mengikat tanah.

Dampak Erosi

dampak erosi
toolkit.climate.gov

Dampak dari erosi adalah menipisnya lapisan permukaan atas tanah. Penipisan ini akan menurunkan kemampuan lahan (degradasi lahan).

Dampak lain dari erosi adalah menurunnya kemampuan tanah untuk meresap ari hujan (infiltrasi).

Menurunnya kemampuan penerapan air hujan oleh tanah akan mengakibatkan limpasan air permukaan yang berpotensi memperparah banjir di sungai.

Selain itu butiran tanah yang terikut oleh aliran air yang mengalir ke sungai akan membuat endapan tanah di dasar sungai semakin tebal.

Lama-kelamaan dengan semakin tebalnya endapan tanah di dasar sungai akan mengakibatkan sungai menjadi dangkal dan banjir akan semakin parah.

Jika sungai dilalui oleh jalur pelayaran, maka lama-kelamaan kapal tidak bisa lewat lagi di sungai tersebut karena terhambat lapisan tanah yang mengendap.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai erosi, semoga menambah sedikit ilmu dan membuat kita semakin cerdas dalam mengelola lingkungan sekitar kita.

Tinggalkan komentar