Cara Membuat Es Teler Enak Beserta Tipsnya

Apakah kamu penggemar minuman dingin yang menyegarkan? Kalau iya, minuman yang satu ini sangat cocok untuk kamu nih. Terbuat dari buah yang menggoda dan rasa manis menyegarkan.

Kamu bisa menikmati es teler ini karena banyak yang menjual es yang satu ini pinggir jalan. Tapi, kalau kamu pengen membuat sendiri, siapkan saja alat dan bahannya, lalu ikuti cara membuatnya di bawah ini.

 

Alat yang Dibutuhkan

Desain Dapur Modern Minimalis
taksitletadilat.com

Untuk membuat makanan atau minuman, tentulah kamu membutuhkan alat. Nah, kalau membuat es teler, alat yang dibutuhkan tidak sulit kok. Kamu cukup mengambil dari dapur, pasti ada deh alatnya.

sabmilegaonline.com
sabmilegaonline.com

Alat yang dibutuhkan adalah pisau, sendok, mangkuk, kompor, panci, pengaduk kayu, piring, dan pengerok buah berbentuk bulat.

Bahan yang Dibutuhkan

jurnalasia.com
jurnalasia.com

Bahan untuk membuat es teler sebenernya nggak sulit. Kamu bisa mencarinya di pasar tradisional atau di supermarket. Biar hasilnya bisa buat rame-rame, sebaiknya kamu beli bahan yang banyak, biar semuanya kebagian.

okeygan.com
okeygan.com

Nah, bahan yang perlu kamu siapkan adalah 1 buah nangka segar yang sudah diiris tipis, 2 buah alpukat yang sudah dikerok dagingnya, melon yang sudah dibentuk bulat seperti bola, dan kelapa muda yang sudah dikerok.

Bahan lain yang dibutuhkan adalah 1 bungkus agar-agar rasa apa saja, 200 ml air kelapa muda, sirup secukupnya, susu kental manis, dan es batu secukupnya.

Cara Membuat Es Teler

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Pertama-tama, kamu harus membuat agar-agar kemudian potong menjadi bentuk kotak. Setelah itu susun semua buah yang sudah kamu siapkan. Di atas buah tambahkan agar-agar sesuai selera kamu. Nah, saat menata buah dan agar-agar, usahakan serapi mungkin, biar hasilnya terlihat manis dan menggugah selera.

Setelah buah dan agar-agar tertata rapi di dalam mangkuk, tambahkan air kelapa muda secukupnya. Tak lupa pula tambahkan es batu sesuai selera kamu.

Nah, kalau sudah, tuangkan susu kental manis di atas es batu. Bisa juga kamu tambahkan sirup agar lebih menarik lagi tuh es telernya.

Cara Menyajikan Es Teler

mangkabayan.co.id
mangkabayan.co.id

Untuk menyajikan es teler, kamu bisa menggunakan mangkuk atau gelas yang ukurannya besar. Tinggal pilih aja apa yang ada di rumah kamu, jangan dibuat ribet.

Nah, setelah kamu tentukan tempat yang akan digunakan, selanjutnya adalah cara menata bahan. Bagian bawah sebaiknya kamu tata buah-buahan terlebih dahulu. Baru di atasnya kamu bisa tambahkan agar-agar.

Untuk hasil yang lebih manis, kamu bisa gunakan es serut bukannya es batu. Es serut akan mempercantik tampilan es teler yang kamu buat. Selain itu, jika dituangkan sirup di atasnya maka akan terlihat warna yang cantik. Gimana? Kamu tertarik untuk membuat es teler?

Tips Membuat Es Teler

vemale.com
vemale.com

Nah, ada tips nih yang bisa kamu ikuti kalau mau membuat es teler yang enak dan bikin ketagihan. Gimana tipsnya? Berikut ini hal yang harus kamu ikuti.

  • Pilihlah bahan yang masih segar, dari mulai alpukat, nangka, melon, dan kelapa.
  • Untuk kelapa, pilih kelapa yang benar-benar masih muda agar teksturnya masih empuk dan lembut.
  • Kamu bisa menggunakan sirup rasa stroberi agar memberikan warna yang cerah dan menggoda.
  • Jika menambahkan susu kental manis usahakan jangan terlalu banyak agar rasanya tidak terlalu manis.
  • Gunakan wadah yang transparan agar susunan buah dan agar-agar terlihat dari luar.
  • Kamu bisa menambahkan es krim di atas es teler untuk menambah rasa dan membuat es teler kamu tampil beda.

Tinggalkan komentar