Etika Makan yang Unik dan Identik dari 13 Negara di Berbagai Benua

Barangkali hal yang paling mengagetkan dari Indonesia bagi orang luar negeri yang pertama kali ke Indonesia adalah soal makan. Saat malam, hampir semua pinggiran jalan atau trotoar dipenuhi warung makan.

Cara makan orang Indonesia yang hanya memakai tangan juga mungkin terlihat aneh bahkan bisa dianggap jorok. Namun, di Indonesia hal tersebut lazim dan normal saja.

Buktinya juga tidak ada keluhan sakit apapun dari orang yang makan menggunakan tangan biasa. Tentu saja asalkan sebelum makan, tangan haruslah dicuci dengan bersih.

Lalu, bagaimana sih etika makan di luar negeri? Adakah yang sama dengan kebiasaan makan di Indonesia? Berikut ini adalah infografis tentang etika makan dari berbagai negara di berbagai belahan dunia.

Ilustrasi visual ini dibuat oleh studio kreatif bernama Visual.ly. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Perancis

boredpanda.com

Di Perancis, untuk memakan roti, sebaiknya kamu memotongnya dalam ukuran yang lebih kecil ketimbang memakannya secara langsung. Selain itu, tetap letakkan tanganmu di atas meja dan fokus untuk makan.

 

Italia

boredpanda.com

Ada hal yang unik tentang keju dan etika makan di Italia. Jika kamu memakan pizza, jangan meminta tambahan taburan keju jika tidak ditawari. Sikap meminta keju tambahan ini adalah ketidaksopanan yang besar dalam etika makan di Italia.

 

Jepang

boredpanda.com

Jangan pernah meninggalkan tip atau bonus bagi petugas restoran, orang Jepang menganggap ini tidaklah sopan. Lebih dari itu, jangan pernah meletakkan sumpit dalam posisi menyilang, hal ini jauh lebih kasar dan sangat tidak sopan.

 

China

boredpanda.com

Hal yang lucu adalah kamu akan dianggap tidak sopan di China jika menghabiskan makanan kamu. Sisaka sedikit makanan untuk menunjukkan bahwa tuan rumah memberikan makanan lebih dari yang kamu butuhkan.

 

Thailand

boredpanda.com

Meskipun disediakan garpu, jangan pernah makan menggunakan garpu untuk memakan makanan. Gunakan garpu hanya untuk menekan makanan ke sendok yang kamu gunakan.

 

India

boredpanda.com

Nah, kalau di India, kamu bisa makan menggunakan tangan langsung, persis seperti di Indonesia. Etikanya pun sama dengan Indonesia, jangan pernah makan menggunakan tangan kiri kamu.

 

Portugal

boredpanda.com

Nah, kalau di Portugal, kamu sepertinya harus menyediakan uang tambahan sebagai tip sekira 10% dari harga makanan. Dan jangan meminta bubuk lada atau garam tambahan, kamu bisa dikira kasar dan dianggap meremehkan skil memasak koki.

 

Inggris

boredpanda.com

Di Inggris kamu juga harus memberikan uang tip. Dan jangan pernah meletakkann siku atau lengan kamu di atas meja. Serta jangan meninggal kan sendok teh di dalam gelas teh.

 

Jerman

boredpanda.com

Kalau di Jerman, minimal kamu harus memberikan tip sebesar 5%. Selain itu, pisau tidak digunakan untuk memotong kentang, gunakan garpu untuk membagi kentang pada potongan yang lebih kecil.

 

Meksiko

boredpanda.com

Tentu saja makanan yang populer dari Meksiko adalah Tacos. Namun, jangan pernah memakan tacos menggunakan garpu dan pisau meskipun disediakan. Karena kamu akan dianggap sombong dan tidak menghargai.

 

Hungaria

boredpanda.com

Jika kamu tidak ingin minum lagi, habiskan minuman yang ada di gelas kamu. Jika tidak, gelas kamu akan segera diisi kembali oleh petugas. Selain itu, jika ingin meminta tagihan pembayaran, ucapkan “a számlát kérem!”.

 

Polandia

boredpanda.com

Nah, di Polandia barangkali kamu harus menyediakan uang lebih untuk memberikan tip yang cukup banyak hingga 15%. Jumlah tip ini memang lebih besar, namun memberikan tip sebanyak 10% harusnya tidak menjadi masalah.

 

Vietnam

boredpanda.com

Dalam pertemuan resmi di Vietnam, jangan pernah minum terlebih dahulu sebelum sesepuh atau orang yang dituakan mengizinkan semua orang untuk mulai minum. Selain itu, letakkanlah kedua tangan kamu di atas meja sebagai tanda kesopanan.

Tinggalkan komentar