Ciri-ciri, Jenis, dan Fakta Menarik Mengenai Cicak

Hewan merayap ini kerap kali menjadi musuh bebuyutan manusia layaknya tikus yang sering merusak dapur. Cicak tidak terkenal dan tak cukup digemari, tapi justru ia memiliki keunikan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Cicak berukuran kurang lebih 10 cm dengan warna tubuh abu-abu atau coklat kehitaman. Cicak termasuk dalam suku Gekkonidae, sebangsa dengan tokek.

Klasifikasi Ilmiah

boombastis.com

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Famili : Gekkonidae
Genus : Cosymbotus
Spesies : platyurus
Dengan nama ilmiah adalah : Cosymbotus platyurus

Ciri-ciri Khusus Cicak

www.idnews.info

Cicak memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dirinya dari suku tokek. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. Cicak dapat memutuskan ekornya atau autotomi, sedangkan tokek tidak. Pemutusan ekor ini bertujuan untuk melindungi diri dari musuhnya.
  2. Telapak kakinya lengket, sehingga memudahkan cicak dalam merayap di dinding.

Jenis-Jenis Cicak

forum.lowyat.net

Cicak tak hanya satu jenis yang sekedar merayap di dinding. Ada beberapa jenis cicak yang perlu diketahui berdasarkan tempat habitatnya.

Cicak Dinding dengan Nama Latin Cosymbotus platyurus

Cicak dinding merupakan cicak yang paling terkenal lantaran mudah dijumpai. Cicak jenis ini bertubuh pipih lebar, dan berekor lebar. Cicak dinding berwarna abu-abu sampai kecoklatan, lebih bersih daripada cicak kayu.

Cicak dinding biasa memakan serangga yang tersesat di lampu. Cicak dinding ini menyebar di berbagai negara seperti Nepal, Bhutan, India utara, India Timur yang termasuk Andaman dan Nikobar, Sri Langka, Myanmar, Vietnam,Thailand, dan semenanjung Melayu.

Tidak hanya daratan Asia, di Amerikan pun cicak dinding banyak dijumpai termasuk Florida.

Cicak kayu atau Hemidactylus frenatus

Disebut juga cicak pohon, bertubuh lebih kurus daripada cicak dinding, ekornya bulat dengan enam tonjolan serupa duri pada bagian ekornya. Habitat utama di kayu atau pohon. Namun ditemukan pula di dinding-dinding rumah.

Cicak Gula

Tubuhnya lebih kecil dari cicak pada umumnya, warna kulit transparan dan memiliki kepala bulat. Disebut cicak gula karena pemakan gula dan kadang dapat ditemui dalam gelas-gelas kopi, sehingga antara cicak gula dan cicak dinding sulit dibedakan.

Cicak Batu atau Cyrtodactylus marmoratus

Cicak batu merupakan salah satu jenis cicak yang yang kita temui di bebatuan. Panjangnya 340 mm dengan banyak bintil besar pada tubuhnya, terutama ekor. Cicak batu disebut juga dengan tokek.

Tokek tak hanya ditemukan di bebatuan, namun juga dapat dijumpai di pepohonan maupun dinding dalam rumah.

Fakta-fakta Unik Tentang Cicak

baymonttampa.com

Berikut ini fakta mengenai cicak.

Perenang Handal

Tak hanya ahli merayap karena kakinya yang memiliki cairan lengket, tapi kaki cicak juga telah didesain seperti kaki buaya yang memiliki selaput meskipun tak begitu terlihat, dari desain kaki inilah ia dapat berenang bebas.

Bahkan dalam secangkir kopi padat pun ia tetap mampu berenang. Namun jarang kita temui cicak berenang, karena memang ia diciptakan untuk hidup di darat, hanya saja ia mampu berenang.

Tidak Ada Cicak yang Berwarna Putih

Pigmen cicak cenderung ke arah coklat, sehingga rata-rata cicak berwarna abu-abu, hitam dan coklat atau transparan.

Pembentukan Sel yang Kurang Sempurna

Hal ini dapat dilihat dari ekor cicak yang kadang kita temukan bercabang. Karena memang perilaku autotomi atau pemutusan ekor pada cicak mempengaruhi pembentukan sel untuk pertumbuhan ekor yang baru.

Cicak Dapat Melemah Jika Terlalu Lama Disentuh

Cicak sangat tidak bisa jika disentuh manusia terlalu lama. Tubuh cicak akan melemah jika disentuh.

 

Bagaimana Cara Cicak Bisa Memutuskan Ekor?

www.youtube.com

Cicak mampu memutus ekor karena memiliki Modulla Spinalis atau bagian utama dari saraf pusat cicak yang memanjang dari kepala hingga ekor. Ketika ekor cicak lepas, Modulla Spinalis hanya mengalami kerusakan sedikit.

Sehingga tak sampai mempengaruhi saraf pusat pada cicak. Apalagi pada ekor cicak terdapat saraf tak sadar yang membuat cicak tetap mampu bergerak meskipun ekornya telah terlepas dari tubuhnya.

Ekor pada cicak dapat tumbuh kembali, namun panjangnya tidaklah sama dengan ekor sebelumnya, cenderung lebih pendek.

Tinggalkan komentar