Fakta dan Sejarah FC Barcelona

FC Barcelona adalah salah satu klub sepak bola yang berasal dari Spanyol. Klub kebanggaan warga Catalonia ini merupakan salah satu klub sepak bola yang dihuni oleh para pemain dengan kualitas di atas rata-rata dalam skuadnya. Dengan pemain yang ada saat ini FC Barcelona memiliki skuad yang padu antar lini, baik dari segi penguasaan bola atau umpan-umpan pendek yang menjadi ciri khas dari klub berjuluk Blaugrana.

FC Barcelona menjadi peserta liga utama Spanyol pada tahun 1928, sejak saat itu klub ini telah mengoleksi 22 gelar liga Spanyol. Jumlah gelar itu menjadi gelar terbanyak kedua setelah Real Madrid CF yang telah mengoleksi 32 gelar liga Spanyol.

 

Sejarah Berdiri

Sejarah FC Barcelona
gudanghistory.blogspot.com

FC Barcelona didirikan pertama kali pada tahun 1899 oleh 12 pemain yang berasal dari Ingris, Swiss, dan Catalan, 12 pemain tersebut dipimpin oleh Joan Gamper. FC Barcelona memiliki motto El Barça, és més que un club (barca bukan sekedar klub).

Camp Nou Stadion Kebanggaan Barca

Stadion Camp Nou
http://www.footballwallpapershd.com

Camp Nou berasal dari bahasa Katalan yang mempunyai arti “lapangan baru”. Stadion ini dibangun oleh dua arsitek ternama yakni Josep Soteras Mauri dan Francesc Mitjans Miro selama dua tahun (1955 sampai dengan 1957). Stadion kebanggan FC Barcelona ini mempunyai kapasitas 98.772 kursi dan menjadi salah satu stadium terbesar di dunia.

Pertama Kali yang Menjuarai Liga Spanyol

Tropy La Liga
www.footballticketsbarcelona.com

FC Barcelona menjadi klub sepak bola yang menjuarai liga Spanyol pertama kali yakni pada tahun 1929

Tidak Pernah Terdegradasi

Kompetisi Liga Spanyol
www.trastoteca.blogspot.com

Di sepanjang sejarah digulirkanya La Liga Spanyol, FC Barcelona menjadi salah satu klub yang tidak pernah terdegradasi dari liga utama.

Meraih Gelar Juara Sextuples

FC Barcelona Meraih Enam Gelar
www.kilasbarca.blogspot.com

Pada tahun 2009 di bawah asuhan pelatih Josep Guardiola FC Barcelona menjelma mejadi klub yang sangat kuat. Dengan gaya bermain tiki-taka klub yang menjadi kebanggan warga Catalonia ini menjuarai semua kompetisi yang diikutinya yakni La Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Dunia Antarklub, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Supercopa.

Pemain Terbaik

Lionel Messi Barcelona
http://hdwallpapers-download.com

Sepanjang sejarah FC Barcelona selalu diperkuat oleh pemain-pemain bintang. Pemain bintang yang pernah memperkuat FC Barcelona diantaranya Rivaldo, Johan Cruyff, Josep Guardiola, Ronaldinho dll. Dan pemain terbaik yang pernah dimiliki FC Barcelona adalah Lionel Messi. Pemain dengan tinggi 1.69 m itu telah mencatatkan berbagai rekor selama kariernya di Barcelona.

Gaya Bermain Tiki-taka

Strategi Tiki-taka
thespotllite.wordpress.com

FC Barcelona adalah salah satu klub sepak bola yang menerapkan strategi tiki-taka yaitu gaya bermain dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan dominasi pengusaan bola. Inti dari strategi ini adalah menguasai bola dengan umpan-umpan pendek yang membentuk pola segitiga sehingga bisa membuat lawan kebingungan.

Pelatih Terbaik

Johan Cruyff
http://thespecial1s.com

Saat ini pelatih terbaik yang pernah menangani FC Barcelona adalah Johan Cruyff. Selama 8 tahun menangani FC Barcelona Johan mampu mempersembahkan 11 piala (empat gelar La Liga, satu piala Liga Champions, satu Piala Winners, satu Piala Raja, satu Piala Super Eropa dan tiga Piala Super Spanyol).

Akademi La Masia

La Masia
www.fcbarcelona.com

La Masia adalah nama tempat fasilitas pelatihan yang dimiliki oleh FC Barcelona. La Masia saat ini membina lebih 300 anak-anak untuk melatih skil bermain bola. Sejak 2002 akademi ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia, karena dianggap sebagai salah satu kunci keberhasilan FC Barcelona dalam berbagai kompetisi Eropa.

Duel El Clasico

El Clasico
www.sporttu.ru

El Clasico adalah duel klasik yang mempertemukan klub elit liga Spanyol antara CF Real Madrid dan FC Barcelona. Persaingan sengit dua klub ini selalu menyajikan tontonan menarik untuk kita lihat.

Tinggalkan komentar