Fakta-Fakta Kenapa Lebih Banyak Suami Selingkuh Dibanding Istri

Dalam semua penelitian tentang perilaku seksual pada abad ini, pria mencatat rekor tertinggi dalam hal selingkuh. Penelitian Annette lawson, menemukan 60 % pria yang menikah, sampai usia 40 setidaknya pernah berselingkuh sekali, sedangkan angka perselingkuhan wanita adalah 39 %. Penelitian lain juga menemukan pria menikah berselingkuh 2,5 kali lebih banyak dibanding wanita menikah. Di indonesia beberapa tahun lalu, hasil penelitian sebuah majalah mengatakan, 2 diantara 3 pria selingkuh.

Menurut para ahli, pria memang sudah diprogram untuk menyebarkan gen-nya ke setiap perempuan. Ada banyak fakta teori yang menjelaskan kenapa pria selingkuh:

1. Pribadi yang terbagi

Pria cenderung terbagi menjadi hati vs otak, cinta vs seks, jarang terjadi antara kedua sisi ini saling mengenal. Sejak masih bocah, pria belajar untuk tidak mempercayai perasaan subyektif. Mitos dari kejantanan mengajarakan, dia harus obyektif seperti ayahnya dan tidak bersifat pribadi seperti ibunya. Ketika di masa pubertas, seks jadi sulit dibedakan antara kekuatan nafsu birahi dan kekuatan untuk menaklukkan perempuan dalam rangka berlomba dengan pria lainnya.

2. Hambatan keakraban

Pria tak hanya hidup dalam kompartemen yang terpisah antara otak dan hati, tapi juga menghadapi pertentangan antara dorongan seks dan dorongan menjalin keakraban. Bagi kaum perempuan dapat dengan mudahnya menyatukan kedua dorongan ini. Pria yang selingkuh menganut pembenaran yang mengatakan, apa yang tidak diketahui tak akan menyakitkan. Pria bisa melakukan hubungan intim dengan perempuan mana saja tanpa perlu merasa akrab terlebih dulu. Bahkan dengan perempuan yang tidak deketahui namanya sekalipun. Sebaliknya perempuan selalu lebih mampu mengaitkan pemilik tubuh dengan nama. Dengan kata lain untuk bisa akrab, setidaknya perempuan merasa perlu mengenal orang itu lebih dulu.

3. Tampan atau keren

Menurut para ahli pria tampan tak bisa menjadi suami yang baik. pria tampan jarang sekali berada dirumah dan sering terlibat dalam aktivitas-aktivitas dimana mereka bisa bertemu dengan perempuan lain. “pria yang gagal memikat perempuan cenderung lebih sering berada di rumah dan di tengah keluarganya”

4. Suka mencari hal-hal yang menggetarkan hati

Seorang pria yang sudah 2 kali menikah tetap saja mengejar perempuan yang menarik dan cerdas. Menurut pengakuan seorang suami, dia melakukan hal ini karena tertantang.

5. Diremehkan istri

Hal lain yang ditemukan bisa membuat pria selingkuh adalah saat bertengkar, istri mengatakan suaminya tidak berguna atau kata-kata lain yang merendahkan mereka. Atau istri selalu merasa benar sendiri, menyakiti perasaan suami dan menjulukinya dengan nama-nama yang tidak pantas.

6. Istri lemah dan mudah menangis

Istri yang perasaannya tidak stabil bisa menyebabkan suami selingkuh. Contoh emosi yang tidak stabil adalah perempuan yang marahnya lama sekali, walau penyebab kemarahan itu sudah lewat. Atau istri yang terus menerus murung sedih, sering menangis dan lain sebagainya.

Cara menghindari perselingkuhan.

Di dalam surat Al-isra’ sudah dijelaskan yang artinya; “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.”

Ayat tersebut memberi pesan kepada semua muslim agar tidak dekat-dekat dengan perselingkuhan dan zina. “Kan sudah jelas, selingkuh itu harus diputus mata rantainya. Caranya adalah dengan menyukuri nikmat Allah, setia pada istri, mempertebal iman-takwa dan tidak khianat pada istri,”.

Sekarang di era digital seperti ini godaan nafsu memang luar biasa. Resep untuk mencegah selingkuh sebenarnya, suami istri harus saling menerima kekurangan dan kelebihan. Sebab, akar perselingkuhan itu biasanya diawali dari ketidakpuasan di antara keduanya.

Perselingkuhan juga terjadi karena komunikasi salah satu pihak dengan orang lain. Misalnya, lewat BB, ponsel, media sosial seperti twitter dan facebook. “Ada penelitian yang menyatakan facebook rata-rata menjadi alat perselingkuhan. Maka bagi suami istri juga harus saling menjaga agar tidak selingkuh,” .
Jauhi dan hindarilah selingkuh, sebab perselingkuhan pasti menjurus perzinaan. Semua orang Islam pasti tahu hukum zina adalah terlarang. Jangankan zina, mendekati saja sudah dilarang dalam Alquran.

Tinggalkan komentar