3 Fakta Menarik Unta yang Tidak Dimiliki Hewan Lainnya

Unta atau Camelus bactrianus bisa kita temukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Unta biasanya dimanfaatkan manusia untuk diambil susu dan dagingnya, juga sebagai hewan pekerja. Unta mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum selama beberapa hari karena menyesuaikan dengan keadaan di padang pasir.

Ada banyak fakta-fakta menarik tentang unta, diantaranya yaitu :

 

Bisa Menutup Lubang Hidung

cara unta menutup lubang hidung
tubgit.com

Bagi manusia, menutup lubang hidung bukanlah hal yang aneh, tapi tidak bagi hewan. Unta termasuk hewan yang bisa menutup lubang hidung dan mulutnya sendiri. Cukup unik bukan? Hal ini dilakukan unta untuk bertahan hidup di iklim padang pasir.
Ketika sedang terjadi badai pasir, maka unta akan menutup lubang mulut dan hidungnya supaya tidak ada pasir yang masuk ke tubuhnya melewati hidung atau mulutnya.

Mempunyai Punuk

punuk hewan unta
zanzha.blogspot.com

Ciri khas dari unta yaitu adanya punuk. Unta bisa dibedakan berdasarkan punuknya tersebut, ada unta yang memiliki satu punuk, ada juga yang memiliki dua punuk. Punuk pada unta berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan cadangan makanan. Inilah sebabnya unta bisa bertahan begitu lama tanpa makan dan minum.

Umur Hidup yang Panjang

unta berumur panjang
pondokhati.wordpress.com

Rata-rata unta bisa bertahan hidup selama 50 tahun, usia hidup yang cukup panjang untuk ukuran hewan. Dengan begini, unta bisa bertahan lama di padang pasir dan bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan gurun yang kering.

Tinggalkan komentar