10 Fakta Ilmiah yang Menunjukkan bahwa Ibu Hamil Itu Luar Biasa

Bumi yang mengagumkan ini sering mengingatkan kita bahwa ada banyak keajaiban yang hidup di dalamnya. Ada jutaan keajaiban yang Tuhan anugerahkan pada kita. Salah satunya adalah janin yang ada di dalam kandungan jutaan ibu hamil di dunia ini.

Kehamilan adalah langkah luar biasa yang para ibu jalani untuk menghadirkan kehidupan baru ke dunia ini. Langkah luar biasa ini tentu dijalani oleh para wanita yang luar biasa.

Berikut ini 10 fakta yang menunjukkan betapa luar biasanya proses yang dialami oleh ibu hamil

  1. Jantungnya membesar

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Bukan hanya jantung hatinya saja yang membesar. Memang setiap ibu merasa kalau janin anaknya ini mengisi seluruh isi jantung hatinya, namun ternyata memang ukuran jantung ibu hamil memang membesar.

Jantung ibu hamil membesar agar bisa berdetak lebih kencang dan memompa lebih banyak darah.  Selama proses kehamilan 9 bulan, jantungnya berdetak untuk 2 orang. Tentu butuh ukuran jantung yang lebih besar dari biasanya.

Ukuran jantung yang lebih besar ini memastikan darah mengalir di tubuh sang ibu dan juga si kecil yang ada dalam perutnya.

  1. Ukuran sepatunya bertambah 1 angka

hamil 2
sumber gambar: littlethings.com

Sudah jelas kalau wanita hamil itu pasti tidak bisa menggunakan celana jeans favoritnya. Namun tahukah kamu kalau bisa jadi sepatunya juga jadi tidak muat lagi?

Bukan hanya lingkaran pinggang saja yang bertambah selama kehamilan. Tambahan kandungan air dalam tubuh ibu hamil juga memengaruhi ukuran kakinya.

Selama hamil, ukuran sepatu wanita bisa bertambah 1 angka. Dan bagi sebagian wanita, membesarnya ukuran kaki ini tidak berhenti setelah anaknya lahir.

Namun jangan terlalu lama bersedih karena harus meninggalkan sepatumu yang lama. Justru ini jadi satu kesempatan untuk belanja sepatu baru!

  1. Uterus ibu hamil bertambah besar 500 kali lipat

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Sebelum seorang wanita menjadi ibu, ukuran uterusnya sebesar buah lemon.

Namun selama kehamilan, rahim mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Pada saat sang janin telah tumbuh 9 bulan, ukuran uterus menjadi 500 kali lebih besar. Rata-rata ibu hamil memiliki ukuran uterus sebesar buah semangka ukuran sedang pada akhir kehamilan.

  1. ASI ibu hamil bisa keluar saat mendengar tangisan bayi

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Setiap anak merasa kalau ibunya memiliki mata di belakang kepalanya, dan bisa mendengar segalanya. Ini menunjukkan kalau firasat seorang ibu itu luar biasa.

Kemampuan ini ternyata sudah ada saat ia masih hamil. Indikator awal respon hormonal ini ada saat seorang calon ibu mendengar suara bayi menangis. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil pada trimester kedua atau ketiga bisa menyusui secara spontan jika ia mendengar tangisan bayi yang minta ASI.

  1. Indera penciuman ibu hamil jadi sangat sensitif

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Pendengaran bukanlah satu-satunya indera pendengaran yang melesat selama kehamilan. Faktanya, estrogen yang membanjiri tubuh ibu hamil menunjukkan bahwa ibu hamil memiliki indera pendengaran yang luar biasa.

Indera pendengaran yang menjadi jauh lebih sensitif adalah salah satu tanda paling awal kehamilan, bahkan sebelum testpack menunjukkan hasil positif. Sensitifnya indera pendengaran inilah salah satu biang kerok ngidam dan mual selama kehamilan.

  1. Tubuh ibu hamil membuat organ baru

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Tiap ibu hamil pasti tahu soal plasenta, nutrisi yang tumbuh bersama janin. Plasenta ini yang menjaga agar si kecil tetap sehat.

Namun, tidak semua orang menyadari kalau plasenta itu adalah organ baru yang tubuh produksi saat hamil.

Ini dapat dianalogikan seperti tubuhmu tiba-tiba menumbuhkan ginjal yang baru. Tentu hal ini sangat luar biasa.

  1. Panggul ibu hamil tidak pernah menjadi seperti dulu lagi

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Banyak hal yang berubah drastis saat seorang wanita menjadi ibu. Namun tidak ada yang sedrastis perubahan tulang panggul.

Selama masa kehamilan, tulang panggul memisah secara perlahan. Sampai kira-kira 9 milimeter.

Perubahan tulang panggul ini membantu agar kehamilan menjadi lebih mudah, dan juga memberi sang bayi ruang yang lebih besar untuk keluar. Namun efeknya terus ada lama setelah sang bayi lahir.

Faktanya, tulang panggul tidak pernah kembali jadi seperti sebelum hamil. Itulah sebabnya dokter selalu bisa menebak seorang wanita sudah pernah melahirkan atau belum.

  1. Ibu hamil menjadi bercahaya

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Wanita selalu memproduksi estrogen dalam jumalh tertentu. Estrogen adalah hormon yang berperan dalam perkembangan wanita pada masa-masa pubertas.

Selama kehamilan, hormon menjadi luar biasa aktif. Tubuh ibu hamil meningkatkan produksi estrogennya. Hal ini membantu menjaga dan mengembangkan plasenta serta mempercepat laktasi.

Estrogen tambahan itu juga memberi manfaat lebih: rambut yang lebih tebal, kuku yang lebih kuat, dan kulit yang bercahaya. Itulah sebabnya ibu hamil jadi tampak berkemilau.

  1. Ibu hamil menjadi sangat lentur

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Pada trimester ketiga, kebanyakan ibu hamil tidak bisa mengikat tali sepatunya sendiri. itulah sebabnya para ibu biasanya terkejut kalau mengetahui kalau sebenarnya ia jauh lebih lentur dari sebelumnya.

Pada saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak hormon relaksin. Hormon ini membantu merilekskan sendi dan membuat otot lebih lentur.

Lenturnya tubuh ibu hamil membuat proses persalinan menjadi lebih mudah. Lenturnya tubuh ibu hamil ini akan bertambah lagi setelah mengikuti kelas yoga prenatal.

  1. Rasa mulas yang ibu hamil alami memberi hasil yang mencengangkan

sumber gambar: littlethings.com
sumber gambar: littlethings.com

Ibu hamil sering mengalami mulas dan gangguan pencernaan.

Mulanya, rasa mulas ini berasal dari morning sickness. Pada akhir kehamilan, mulas ini terjadi karena bayi yang sudah membesar.

Namun rasa mulas ini ternyata punya dampak positif terhadap bayi. Rasa mulas selama kehamilan merupakan pertanda meningkatnya jumlah hormon tertentu. Hormon ini yang membuat bayi dalam kandungan memiliki rambut yang cukup lebat.

Melihat 10 fakta ini, kamu pasti menganggap pengorbanan ibu hamil itu memang benar-benar luar biasa.

Tinggalkan komentar