Fakta dan Informasi Mengenai Ikan Cupang

Bagi penggemar ikan hias tentu tidak asing dengan ikan cantik satu ini, dialah ikan Cupang atau ikan Siam. Beraneka ragam warna serta siripnya yang melambai berjumbai indah selalu menjadi daya tarik untuk memikat siapapun yang melihatnya.

Ikan yang dikenal dengan nama latin Betta sp ini adalah ikan air tawar yang tersebar hampir diseluruh kawasan asia tenggara. Ikan ini mempunyai karakter yang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Dikalangan penggemar ikan, umumya dibagi atas 3 golongan yaitu cupang hias. Cupang aduan, dan cupang liar.

Pada umumnya pemeliharaan ikan cupang relative mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus, hanya saja karena sikap ikan cupang jantan yang agresif dan akan bertarung jika ditempatkan dalam satu wadah dengan ikan cupang jantan lainnya ada baiknya jika penempatannya diletakkan secara terpisah.

Untuk membedakan antara ikan cupang jantan dan betina biasanya, biasanya akan terlihat jelas pada perbedaan bentuk fisiknya, ikan cupang jantan memiliki sirip berjumbai dengan beragam warna dan memiliki ukuran yang cenderung lebih besar hingga mencapai 6 cm hingga 8 cm sedangkan ikan cupang betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandikan si jantan serta warna sirip yang tidak seatraktif ikan cupang jantan, walaupun dominasi ikan cupang hanyalah warna putih, merah, biru, dan ungu.

Seperti ikan hias pada umumnya, Ikan Cupang biasanya diberi pakan berupa pellet kering atau pakan hidup, tidak perlu terlalu sering memberinya makan, cukup 4 kali dalam seminggu, karena terlalu sering memberinya makan akan memperpendek umur mereka, selain itu juga membuat air dalam wajah menjadi cepat keruh yang akan mempengaruhi kesehatannya.

Ikan Cupang yang dirawat dengan baik akan bertahan hingga 4 sampai 5 tahun lamanya, mengganti air dalam wadahnya bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu, jangan pula mengganti semua airnya sekaligus, karena ikan Cupang membutuhkan bakteri dalam air untuk bertahan hidup, selain itu suhu yang optimal berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celsius akan menjaga kondisinya agar tidak mudah stress dan terserang penyakit.

Perlu diketahui juga bahwa ikan cupang jantan lebih senang hidup dalam air yang tidak difilter sedangkan ikan cupang betina menyukai air yang difilter.

Tinggalkan komentar