Fakta Unik Suku Indian yang Ada Di Amerika Serikat

Suku Indian adalah suatu pemukim pertama yang berada Amerika Utara dan sudah berasal dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu.

Karena mengikuti hewan buruannya, mereka mengembara melewati Selat Bering, yang dulunya hanyalah sebuah tanah yang luas dan sekarang sudah menjadi pemisah antara Asia dan Amerika Utara.

Seiring dengan berjalannya waktu, Lambat laun akhirnya mereka menetap, dan berkembang menjadi berbagai macam suku yang sekarang ada. Berabad-abad mereka membangun masyarakat menjadi lebih teratur.

Pada abad ke-16, orang Eropa tiba di Amerika Utara untuk pertama kalinya. Karena mereka mengira, mereka telah sampai di India-Asia, dan secara keliru menyebut penduduk asli tersebut dengan sebutan orang India, yakni Indian.

Karena rasa keinginan orang eropa yang tinggi akan tanah, maka karena itulah keberadaan penduduk asli terancam, yang kemudian Kaum Indian lalu bertempur melawan para pemukim baru.

Pada abad ke-19, suku Indian melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka keluar dari perbatasan. Setelah melewati perjuangan yang sengit, kaum Indian dipindahkan ke reservat, yakni daerah khusus buat mereka.

youtube.com
youtube.com

Hingga kini banyak orang Indian yang masih hidup di sana.

Sebelum orang Eropa tiba di daerah tersebut, suku Indian menduduki sebagian besar wilayah yang sekarang menjadi Amerika Serikat.

Suku Indian dikelompokkan menjadi 6 wilayah berdasarkan wilayah geografisnya.

Pemukiman Eropa secara bertahap mendesak suku-suku Indian tersebut ke barat dan barat daya. Akhirnya, tepat pada 1890 mereka menetap di beberapa daerah yang tersebar.

Suku Sioux dan suku lainnya dari daerah Great Plains hidup menggunakan tenda yang disebut dengan Tepee.

Tepee terbuat dari kulit bison yang diregangkan pada kerangka kayu yang mudah dipasang, dan pada bagian atasnya ada penutup yang dapat dibuka supaya asap dari api unggun bisa keluar.

Kehidupan suku indian

priumnojay.ru
priumnojay.ru
  • Bahasa isyarat
    Tiap suku Indian mempunyai bahasanya sendiri-sendiri. Meskipun terdiri dari berbagai suku, mereka dapat saling berkomunikasi dengan bahasa isyarat yang dipahami oleh mereka semua.
  • Wanita Indian
    Wanita berperan penting dalam kehidupan suku mereka. Suku-suku tersebut menyediakan makanan. Membuat pakaian, dan membesarkan anak. Pada suku Indian Hopi di barat daya, sang pemilik rumah dan pengurus desa adalah wanita.
  • Bulu perang
    Keterampilan perang seorang prajurit tampak dari tanda bulunya
    – pernah membunuh seorang musuh,
    – pernah membunuh dan mengambil kulit kepala musuhnya,
    – pernah memotong leher musuh,
    – pernah mengalami cedera.
  • Senjata Indian
    Suku Indian memakai busur dan anak panah, macam-macam pisau, serta pentung sebagai senjata mereka. Banyak pula yang membawa tomahawk. Pada abad ke-16 mereka mendapatkan senapan dari pedagang yang ada di Eropa.
  • Kerajinan tangan
    Orang Indian adalah perajin yang terampil. Mereka membuat pakaian dan hiasan kepala yang indah hanya dari bahan yang ada disekitar mereka. Sepasang sepatu moccasin terbuat dari kulit yang disetik dan dihiasi meggunakan tali kulit, serta aneka ragam warna manik.
  • Reservat modern
    Satu setengah juta orang Indian AS hidup di daerah yang mereka kelola sendiri. Reservat Navajo, misalnya, meliputi daerah seluas 6 juta ha di Arizona, New Mexico, dan Utah. Baru-baru ini beberapa dari Suku Indian pesisir barat laut Pasifik berhasil memprotes, dan memperoleh tanahnya kembali.

Tinggalkan komentar