4 Fakta Terunik Tentang Kutub Utara dan Selatan

Bumi memiliki 2 kutub. Masing-masing kutub ini punya keterikatan satu dengan lainnya. Kutub utara bisa dikatakan bagian bumi paling atas dan kutub selatan bagian bumi paling bawah.

Namun tempat ini tetap menarik karena digambarkan sebagai daerah dingin tak berpenghuni yang  seluruh daratannya ditutupi es, tapi benarkah itu? sekarang mari kita lihat perbedaan antara kutub utara dengan kutub selatan. Yuk, kita simak reportase berikut ini:

Musim

Kutub Selatan - Musim
pixabay

Kutub utara memiliki siklus es, artinya setiap beberapa bulan es akan mencair dan kemudian membeku kembali. Beda dengan kutub selatan yang tidak memiliki siklus tersebut, kalaupun es mencair di kutub selatan mungkin sebabnya adalah Global Warming.

Lapisan Ozon

Kutub Selatan - Lapisan Ozon
pixabay.com

Lapisan Ozone di kutub selatan sudah berlubang namun di kutub utara lapisan Ozon masih terjaga walaupun lapisan tersebut makin menipis dari tahun ke tahun. Kok bisa? ternyata suhu di kutub utara yang lebih hangat mencegah awan kutub stratospherik (yang dapat merusak ozon) tidak terbentuk.

Kutub Selatan Lebih Hangat

Kutub Selatan - Kutub Selatan Lebih Hangat
pixabay.com

Kutub Selatan lebih dingin dari kutub utara dimana suhu di kutub selatan bisa mencapai minus 49 derajat Celcius, sedangkan suhu terdingin di kutub utara berkisar minus 34 derajat Celcius. Rekor suhu terdingin di dunia adalah -89,6 derajat Celcius di Vostok Base, kutub selatan.

Beruang Kutub dan Penguin

Kutub Selatan - Beruang Kutub dan Penguin
pixabay.com

Tahukah anda kalau beruang kutub dan penguin tidak hidup di tempat yang sama? Beruang kutub adalah satwa endemik di kutub utara sedangkan penguin hidup di kutub selatan. Bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau dua satwa ini hidup di kawasan sama, untung buat si beruang, buntung buat si penguin.

Tinggalkan komentar