3 Faktor Kemiskinan Mendasar yang Membuat Indonesia Menjadi Negara Tertinggal

Kemiskinan adalah sebuah permasalahan sosial yang sangat kompleks serta harus segera mendapatkan penanganan yang tepat agar dapat teratasi dengan segera.

Indonesia yang merupakan Negara berkembang serta memiliki jumlah penduduk yang besar tentunya tidak dapat terhindar dari masalah tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan besarnya jumlah penduduk miskin yang mayoritas tinggal di daerah pedesaan yang sulit diakses. Namun tidak hanya di pedesaan saja, di kota besar seperti Jakarta juga banyak ditemukan masyarakat miskin.

Kemiskinan sendiri dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang yang sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kemiskinan. Faktor kemiskinan tersebut beberapa diantaranya adalah :

Pengangguran

entrepreneur.com
entrepreneur.com

Semakin banyaknya pengangguran maka semakin banyak pula orang-orang miskin yang berada di sekitar. Hal tersebut dikarenakan pengangguran tidak bisa memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Padahal semakin hari kebutuhan setiap manusia semakin bertambah. Selain itu pengangguran juga dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi masyarakat. Dampak tersebut antara lain dapat menjadikan orang biasa menjadi pengemis, pencuri, bahkan perampok yang dapat meresahkan masyarakat sekitarnya.

Rendahnya Tingkat Pendidikan

kurang pendidikan
flashkhor.com

Tidak memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan serta wawasan yang lebih, membuat masyarakat tidak mampu memperbaiki hidupnya agar menjadi lebih baik.

Karena dengan pendidikan masyarakat dapat mengerti serta memahami bagaimana caranya menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupannya.

Bencana Alam

bencana alam
dfp.co.uk

Faktor alam juga bisa menjadi penyebab timbulnya kemiskinan. Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, tsunami dan gunung meletus dapat menyebabkan gagalnya panen para petani, sehingga menimbulkan krisis bahan makanan, karena tidak ada bahan makanan yang dipanen dan dijual kepada penadah.

Tidak tersedianya bahan makanan serta tidak ada penghasilan mengakibatkantidak terpenuhinya kebutuhan sehari-hari kebutuhan sehari.

Cara untuk mengatasi kemiskinan beberapa diantaranya untuk pemerintah bisa dengan menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Sedangkan untuk masyarakat sendiri berusaha mensejahterakan diri sendiri dengan mencari kerja. Apabila belum ada lowongan kerja, bisa dengan menciptakan lapangan usaha sendiri.

Demikianlah sedikit ulasan tentang faktor kemiskinan yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar