Faktor Penyebab Korupsi yang Sudah Menjadi Budaya di Indonesia

 

 

Hampir semua segi kehidupan telah terjangkit korupsi. Jika disederhanakan penyebab munculnya tindak korupsi ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

Untuk faktor internal terjadi dari aspek moral dan aspek sikap, contohnya seperti lemahnya iman, rasa malu, kejujuran, serta pola hidup yang konsumtif.

Sedangkan faktor eksternal terjadi karena aspek ekonomi misalnya gaji yang tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup. Masih banyak lagi faktor yang dapat memicu terjadinya tindak korupsi.

Bisa berasal dari dalam diri pelaku maupun dari luar pelaku itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab korupsi. Faktor apa sajakah itu? Mari simak ulasan berikut :

 

Iman yang Lemah

iman lemah
elegantbizapps.com

Orang-orang yang memiliki keimanan yang lemah sangatlah mudah untuk melakukan tindak kejahatan seperti korupsi. Apabila orang tersebut memiliki iman yang kuat, maka mereka tidak akan melakukan tindak korupsi. Begitu banyak alasan yang diberikan oleh penindak korupsi.

Lemahnya Hukum

hukum indonesia
pixabay.com

Lemah serta tidak tegasnya penegakan hukum juga bisa jadi faktor berkembangnya tindak korupsi. Penegakan hukum yang lemah ini mampu menghindarkan para pelaku korupsi dari sanksi-sanksi hukum

Kurangnya Sosialisasi Serta Penyuluhan Kepada Masyarakat

sosialisasi
pixabay.com

Hal tersebut bisa menjadi penyebab banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui tentang bentuk-bentuk tindakan korupsi, ketentuan dan sanksi hukumnya, serta cara menghindarinya. Akibatnya, banyak diantara mereka yang menganggap tindakan korupsi adalah hal yang biasa, bahkan mereka juga akan melakukan hal yang sama.

Desakan Kebutuhan Ekonomi

di bawah tekanan
linkedin.com

Dengan keadaan ekonomi yang sulit, berbagai tindakan pun dilakukan agar dapat mempermudah kebutuhan ekonominya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu seseorang melakukan tindakan korupsi.

Pengaruh Lingkungan

lingkungan koruptor
pixabay.com

Lingkungan yang baik tentunya juga akan berdampak baik bagi orang yang ada dilingkungan tersebut, tetapi bagaimana jika lingkungan tersebut penuh dengan tindak korupsi dan hal-hal lainnya. maka orang tersebut pun akan terpengaruh dengan tindakan kriminal, misalnya korupsi.

Demikianlah sedikit ulasan tentang faktor penyebab korupsi. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar