Fase Menstruasi Lengkap Beserta Penjelasannya

FASE MENSTRUASI – Mungkin sebagian dari kalian ada beberapa yang belum mengetahui apa arti dari menstruasi, nah kali ini SatuJam akan berbagi pengetahuan mengenai masalah menstruasi beserta fase-fasenya. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Menstruasi

fase menstruasi
hellosehat.com

Apasih menstruasi itu? Menstruasi, haid atau bisa juga disebut datang bulan adalah sebuah proses keluarnya darah dari dalam rahim, hal ini bisa terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim pada bagian dalam yang mengandung banyak pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Menstruasi merupakan siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita, siklus tersebut biasanya datang setiap 4 minggu atau 1 bulan.  Walau demikian, tidak semua wanita mengalami siklus seperti ini.

Siklus menstruasi ada yang datang lebih cepat dan ada juga yang datangnya lebih lama. Salah satu hormon yang ada dalam tubuh wanita estrogen akan meningkat di setiap siklus menstruasi, meningkatnya hormon tersebut yaitu untuk mempersiapkan dalam menghadapi terjadinya kehamilan.

Ketika proses penigkatan tersebut tidak dibuahi maka sel telur akan diserap tubuh dan dinding rahim yang menempel akan luruh, dan kemudian akan mengalir keluar bercampur dengan darah. Nah proses itu lah yang biasa disebut dengan Haid atau menstruasi.

Fase Menstruasi

fase menstruasi
Meetdoctor.com

Setelah kamu mengetahui apa itu menstruasi, mari kita beranjak materi fase menstruasi.

Untuk para kaum hawa mengetahui fase siklus haid tau menstruasi ini sangatlah penting untuk dipahami. Dengan mengetahui dan memahami, maka kamu bisa memaklumi (tidak kaget/panik) apa yang sedang terjadi pada tubuh dan apa saja yang harus dilakukan.

Terdapat 4 fase dalam menstruasi dan masing-masing fasenya akan menimbulkan efek emosional dan fisik yang berbeda terhadap kaum hawa itu sendiri. Fase-fase tersebut antara lain:

  1. Fase proliferasi (folikular).
  2. Fase sekresi (luteral).
  3. Fase menstruasi (haid).
  4. Fase regenari (pascahaid).

Berikut penjelasannya.

Fase Regenari

Bisa disebut juga sebagai fase pendarahan, fase ini dimulai sejak hari pertama haid sampai hari ke 5 dari siklus menstruasi ada juga sampai hari ke 7 dan ini masih batas normal.

Dalam fase ini kondisi fisik ada pada titik terendah, karena itulah biasanya para kaum hawa akan cenderung lebih lemas dan pinginnya istirahat terus. Ketika kamu mendapati kondisi yang seperti ini, tidak dianjurkan walaupun hanya tiduran dikamar (males-malesan).

Baiknya adalah melakukan aktifitas ringan, olahraga ringan, melihat pemandangan, dan yang semisal. Catatan, penuhilah segala energi yang dibutuhkan tubuh (kebutuhan akan cairan dan makanan).

Fase Proliferasi

Fase ini dimulai sejak hari pertama menstruasi, namun berlangsung sampai hari ke 13 dari siklus menstruasi tersebut.

Mulai meningkatnya testoteron dan estrogen, hal ini akan memberikan dorongan energi dan meningkatkan mood, bahkan kamu akan merasa lebih tegas dan sangat berani dalam mengambil resiko.

Fase Menstruasi

Fase ini merupakan puncak dari segala kerja keras tubuh  selam fase menstruasi sebelumnya.

Hal ini biasa terjadi di hari ke 14 dari siklus, pada fase ini hormon estrogen dan testosteron akan meningkat sampai puncak, sehingga magakibatkan efek dari fase proliferasi/folikular.

Ditambah lagi perasaan yang ada dalam diri wanita ini merasa lebih baik dan lebih percaya diri, sehingga lebih mudah dalam verbalisasi pikiran dan perasaan dan juga gairah sex yang memuncak di posisi paling tinggi.

Fase Sekresi

Fase ini merupakan menstruasi yang terakhir, dimulai dari hari ke 15 dan berlangsung sampai akhir siklus menstruasi.

Tinggalkan komentar